Pilihan Prodi untuk Perempuan Terbatas? Nih 5 Jurusan Teknik yang Cocok untuk Wanita

Kamis, 01 Agustus 2024 - 17:00 WIB
loading...
Pilihan Prodi untuk...
Jurusan kuliah teknik selama ini identik dengan kaum laki-laki. Padahal kenyataannya tidak demikian karena ada banyak jurusan teknik yang cocok untuk kaum perempuan. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar prodi teknik yang cocok untuk wanita . Jurusan kuliah teknik selama ini identik dengan kaum laki-laki. Padahal kenyataannya tidak demikian karena ada banyak jurusan teknik yang familiar bagi kaum perempuan. Jurusan teknik apa saja? Artikel kali ini akan membahas daftar 5 prodi teknik yang dinilai cocok untuk kaum wanita, simak ya!

5 Program Studi Teknik yang Cocok untuk Wanita


1. Arsitektur


Jurusan arsitektur merupakan salah satu program studi teknik yang mahasiswa wanita cukup banyak di setiap angkatannya. Bagi mahasiswa yang masuk jurusan ini akan mempelajari tentang arsitektur modern, utilitas atau kelengkapan bangunan, material bangunan, sistem struktur bangunan, hingga desain bangunan.

2. Teknik Sipil


Meskipun teknik sipil lebih banyak didominasi oleh pria namun banyak juga wanita yang memilih jurusan ini. Dalam teknik sipil mahasiswa akan mempelajari tentang cara membangun gedung, pelabuhan, bandara, jalan, bendungan, bahkan pengolahan limbah.

3. Teknik Perencanaan Wilayah dan Perkotaan


Jumlah mahasiswa yang memilih jurusan ini bisa dikatakan sangat seimbang, karena antara pria maupun wanita tidak ada yang mendominasi.

Meskipun belum banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini tapi teknik PWK memiliki prospek kerja yang sangat menjanjikan bagi lulusannya.


4. Teknik Kimia


Jurusan teknik yanga memiliki jumlah mahasiswa pria dan wanita yang seimbang kedua adalah teknik kimia. Bagi mahasiswa yang memilih jurusan ini bisa berkarier di bidang industri kimia seperti hulu dan hilir perminyakan dan gas alam, industri EPC, dan bisa juga bekerja di industri milik pemerintahan.

5. Teknik Industri Pertanian


Jurusan ini juga menjadi salah satu program studi teknik yang memiliki mahasiswa pria dan wanita yang seimbang karena memiliki peminatan teknologi pangan yang sering dipilih oleh wanita.

Prospek kerja untuk jurusan ini khususnya dalam teknik pangan cukup luas antaranya dapat bekerja di bidang industri makanan dan minuman, riset dan pengembangan, hingga pemasaran produk pangan makanan seperti roti, biskuit, gula, susu, dan sebagainya.

3 Alasan Jurusan Teknik Banyak Diminati Lulusan SMA/SMK

Dilansir dari laman LP3I institusi pendidikan vokasi bisnis dan teknologi, berikut ini 3 alasan kenapa jurusan teknik banyak disukai lulusan SMA/SMK:


1. Memiliki ilmu dan terapan yang lebih luas


Salah satu alasan Jurusan Teknik banyak diminati lulusan SMA/SMK adalah ilmu dan terapan di Jurusan Teknik yang lebih luas. Jurusan Teknik tidak hanya memberikan teori saja tapi juga memberikan kesempatan praktik yang lebih banyak.

Proyek yang ditangani bakal membentuk kepribadian yang analitis. Di dunia nyata, keahlian hardskill dan softskill sangat mendukung karier cerah di masa yang akan datang.

2. Memiliki kesempatan bekerja luas


Keahlian yang lebih spesifik menjadi alasan kamu memiliki peluang diterima di perusahaan atau instansi lebih tinggi. Dunia kerja tentunya lebih membutuhkan banyak profesional di bidang teknik

3. Lulusan memiliki mental dan fisik bagus


Seperti diketahui bersama, mahasiswa Jurusan Teknik banyak ditempa dengan praktikum, tugas dan teori sehingga mahasiswa Jurusan Teknik terbiasa tahan banting.

Punya pemikiran logis, analitis dan pandai mengambil keputusan merupakan syarat yang harus dipenuhi kalau kamu ingin lulus dari Jurusan Teknik. Banyak orang yang menyebut bahwa lulusan Teknik memiliki masa depan paling cerah setelah lulus kuliah.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)