7 Manfaat Ikut Ekstrakurikuler Pramuka, Peluang Beasiswa hingga Masuk PTN Tanpa Tes

Jum'at, 02 Agustus 2024 - 13:00 WIB
loading...
7 Manfaat Ikut Ekstrakurikuler...
Mengikuti ekstrakurikuler Pramuka ternyata punya banyak keuntungan. terutama bagi siswa SMA dan SMK yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 7 manfaat mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Mengikuti ekstrakurikuler Pramuka ternyata punya banyak keuntungan. Terutama bagi siswa SMA dan SMK yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Artikel kali ini akan membahasnya secara detail apa itu manfaat pramuka, simak ya!

7 Manfaat Ikut Ekskul Pramuka


1. Hidup lebih terarah


Dalam Pramuka dikenal ada Dasa Darma atau 10 kebaikan yang menjadi panduan untuk diamalkan bagi setiap anggota Gerakan Pramuka.

Semua dasa darma ini harus diterapkan anggota untuk kehidupan sehari-hari. Jadi, darma kesatu hingga kesepuluh sudah seharusnya menjadi semacam way of life atau pegangan atau gaya hidup.

2. Lebih multitasking dan multitalenta


Di Pramuka diajarkan untuk menempuh berbagai keahlian melalui SKU, SKK dan SPG, bekal multi keahlian pramuka. Proses penempuhan ini punya standarisasi dengan berbagai macam keahlian yang dibungkus dalam Kecakapan Umum, Khusus dan Garuda. Sehingga anggota Gerakan Pramuka menjadi pribadi yang multi talenta, yang nantinya mampu menghadapai berbagai persoalan.

3. Bergabung dengan komunitas internasional


Tahukah kamu, Pramuka itu punya jambore yang juga digelar di tingkat internasional? Setiap empat tahun sekali, diadakan Jambore Pramuka Dunia. Selama acara ini ada challenge antar-negara. Dengan mengikuti kegiatan ini bisa dibuat bekal portofolio dan curicullum vitae bagi siswa.


4. Lebih mandiri, tangguh di kehidupan


Melalui kegiatan perkemahan, setiap anggota Pramuka diajarkan untuk mandiri dalam berbagai hal. Misalnya mulai mempersiapkan rencana berkemah, peralatan yang harus dibawa, tim atau anggota regu/sangga yang terlibat, tujuan berkemah, proses menuju ke lokasi berkemah. Semua serba direncanakan dengan mandiri.

Dengan mengikuti Pramuka, saat mengikuti kegiatan alam seperti mendaki gunung, touring alam, kamu lebih bisa beradaptasi dan tidak mudah menyerah.

5. Terlibat kegiatan masyarakat


Salah satu daya tarik Pramuka yang bisa kamu cantumkan dalam portofolio adalah ikut terlibat melayani masyarakat. Seperti volunteer, Pramuka sering terlibat dalam penanggulangan bencana, mengatasi arus padat saat momen tertentu bersama Polri dan TNI.

6. Masuk PTN jalur tanpa tes


Sudah banyak PTN dan PTS yang membuka jalur masuk tanpa tes bagi anggota Pramuka. Beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) yang membuka jalur khusus bagi anggota Pramuka, seperti:

• IPB University

• Universitas Negeri Malang (UM)

• Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

• Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

• UIN Sunan Gunung Djati,

• Universitas Syiah Kuala (USK)

• Universitas Lampung (Unila)

• Universitas Lancak Kuning (ULK).

7. Dapat beasiswa


Perguruan tinggi negeri juga ada yang menyediakan beasiswa bagi siswa SMA/SMK yang aktif di kegiatan Pramuka. Seperti Universitas Teknologi Bandung, menyediakan beasiswa bagi pengurus Pramuka.

Lalu ada beasiswa Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega tingkat Nasional (DKN) bagi anggota Pramuka. Selain itu, banyak instansi swasta yang juga membuka beasiswa bagi siswa berprestasi. Salah satunya, jika kamu berprestasi di kegiatan Pramuka.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)