Pelajar Indonesia Raih 2 Medali di Olimpiade Fisika, Ini Nama Siswa dan Sekolahnya

Selasa, 06 Agustus 2024 - 15:22 WIB
loading...
Pelajar Indonesia Raih...
Tim pelajar Indonesia berhasil mengharumkan nama bangsa di ajang Olimpiade Fisika Internasionl (IPhO) ke 54 di Isfahan, Iran. Foto/Puspresnas.
A A A
JAKARTA - Tim pelajar Indonesia berhasil mengharumkan nama bangsa di ajang Olimpiade Fisika Internasionl (IPhO) ke 54 di Isfahan, Iran. Mereka berhasil meraih satu perak, satu perunggu, dan tiga honorable mention.

Olimpiade Fisika Internasional yang digelar di Iran ini menguji peserta dalam dua bagian. Yaitu ujian teori dan praktik, masing-masing berdurasi lima jam, dan dijadwalkan dengan satu hari istirahat di antara ujian. Ujian teori terdiri dari tiga soal, sedangkan ujian eksperimen dapat terdiri dari satu atau dua soal dari berbagai bidang fisika.

Daftar Peraih Medali


Medali Perak diraih oleh Zahran Nizar Fadhlan dari SMA Negeri 1 Padang. Kemudian, medali Perunggu diraih oleh Kaitlyn Iliana Toniman dari SMAS Kristen BPK Penabur Gading Serpong.

Baca juga: Pelajar Indonesia Sabet 4 Medali di Olimpiade Ekonomi Dunia

Selanjutnya, Honorable Mention diraih oleh Clarissa Aurelia Nahid Saputra dari SMA Negeri Unggulan M.H. Thamrin DKI Jakarta, Daniel Mark dari SMAS 1 Kristen BPK Penabur DKI Jakarta, dan Adika Rasendriya Arya Putra dari MAN 2 Kota Malang.

Kelima siswa-siswi perwakilan Indonesia tersebut sebelumnya telah melalui serangkaian tahapan proses yang panjang. Mulai dari Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), serta tiga tahap pembinaan dan seleksi terpusat yang diadakan oleh Puspresnas.

Baca juga: Gregoria Mariska Raih Perunggu Bulutangkis Olimpiade 2024 Paris, Mikha Angelo: Terima Kasih Tuhan

Peraih medali perak IPhO, Zahran Nizar Fadhlan dari SMA Negeri 1 Padang, terharu dan bangga bisa meraih prestasi kembali di ajang talenta internasional setelah tahun lalu ia menyabet medali perunggu di ajang IOAA.

“Sangat bangga apalagi bisa mengharumkan nama Indonesia lagi di tingkat internasional. Saya teringat waktu pandemi Covid-19 untuk mengisi kegiatan sehari-hari saya menonton tayangan YouTube tentang astronomi hingga fisika dan dari situlah saya berangkat mencoba dari OSN hingga sampai ke tahap ini,” ungkap Zahran yang juga peraih medali emas OSN bidang Fisika tahun 2023, dikutip dari laman Puspresnas, Selasa (6/8/2023).

Baca juga: Mikha Angelo Bangga Saksikan Gregoria Mariska Lolos Perempat Final Olimpiade Paris 2024

“Ke depannya saya ingin memajukan Indonesia melalui sains dan teknologi karena saya lahir di Indonesia jadi saya punya kewajiban untuk itu,” tambah Zahran.

Pengalaman lainnya juga diungkapkan Kaitlyn Iliana Toniman, siswi asal SMAS Kristen BPK Penabur Gading Serpong yang meraih medali perunggu.

“Saat mengikuti perlombaan sempat deg-degan dan tidak bisa tidur. Namun, akhirnya saya bisa mengatasi itu dan mendapatkan medali untuk Indonesia,” tutur Kaitlyn yang juga peraih medali emas OSN bidang Fisika tahun 2023.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2201 seconds (0.1#10.140)