Siswa Harus Bisa Memilih dan Memilah Konten di Media Sosial dengan Bijak

Kamis, 08 Agustus 2024 - 19:15 WIB
loading...
Siswa Harus Bisa Memilih...
Suasana diskusi bertema Berselancar di Dunia Digital dengan Aman di tengah festival yang digelar Kemkominfo bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur di Kabupaten Jember, Kamis (8/8/2024). Foto/Ist
A A A
JEMBER - Era digital membuat siswa sekolah dan remaja masa kini bisa makin luas dan jauh jangkauannya dalam bergaul, belajar, dan berkarya. Ini budaya baru yang mesti dikuasai dengan cepat dan cerdas.

”Tetapi, hal itu harus didukung dengan sikap bijak, serta mampu memilah dan memilih konten atau materi yang diakses dan di-share. Dengan begitu, siswa dan remaja akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang kreatif dan bermanfaat bagi diri dan lingkungan masyarakat,”ujar Kepala Program Studi Ekonomi Syariah, Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung Mei Santi di diskusi luring (offline) dalam rangkaian ”Festival Literasi Digital Anak Muda Cakap Digital” di SMA Negeri Balung, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Kamis (8/8/2024).

Mengusung tema ”Berselancar di Dunia Digital dengan Aman”, diskusi di tengah festival yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur ini juga diramaikan dengan gelaran musik. Menampilkan artis-artis lokal, yakni Damar Adji, Andin Mayora serta duet Fida AP dan David Chandra.

Mei Santi mengingatkan para siswa tentang pentingnya memiliki kecakapan digital. Di antaranya, memahami apa yang boleh dan jangan dilakukan, do and don’t, di ruang digital. Selain itu, tidak cukup hanya menggunakan bahasa yang sopan, juga foto dan video yang terverifikasi kebenaran dan sumber yang akurat.



”Budayakan pula kebiasaan thinking before posting, berpikir dulu sebelum mengunggah. Kemudian, jadilah produsen konten yang bermanfaat dan selalu bernilai positif. Budayakan untuk selalu mem-posting hanya yang penting,” ujar Mei dalam keterangan resminya, Kamis (8/8/2024)

Narasumber lain Direktur Utama PT Mahakarya Samudera Agung Muhajir Sulthonul Aziz mengingatkan para siswa untuk selalu meng-update kecakapan dan menjaga keamanan digital.

”Keduanya merupakan hal penting yang makin wajib dikuasai generasi masa kini. Sebab, kecakapan ini menjadi kunci dan modal kesuksesan dan majunya karier yang memang perlu dirintis sejak dini. Kalau bijak dan cerdas memanfaatkan, beragam karier digital dengan cuan yang menggiurkan siap menanti,” kata Muhajir dalam diskusi yang diikuti ratusan siswa dan tenaga kependidikan itu.

Senada dengan Muhajir, dosen Universitas Dr. Soetomo Surabaya Meithiana Indrasari menyebut pentingnya menjaga akun dan data pribadi kita dengan selalu menggunakan password yang kuat.

”Bila perlu, aktifkan 2FA (two factor autentification), ganti password secara teratur, dan jangan sembrono membagikan di medsos kalian,” terang Meithiana.

Tampil dalam diskusi sesi kedua, dosen sekaligus digital enthusiast M. Adhi Prasnowo menyebut pentingnya peran guru dan orangtua dalam membantu siswa/anak saat memilah dan memilih mana saja link dan konten yang boleh dan bisa diakses.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2461 seconds (0.1#10.140)