Sosok Theresia Aurellia Putri, Mahasiswa SCU Semarang Juara Kompetisi Panjat Tebing ASEAN

Jum'at, 09 Agustus 2024 - 14:57 WIB
loading...
Sosok Theresia Aurellia...
Theresia Aurelia Putri, mahasiswi Prodi Ilmu Hukum Soegijapranata Catholic University (SCU) alias Unika Soegijapranata Semarang. Foto/SCU.
A A A
SEMARANG - Indonesia menyabet emas pertamanya di Olimpiade Paris 2024 dari cabang olahraga panjat tebing. Prestasi membanggakan yang membuat lagu Indonesia Raya berkumandang di sana.

Ternyata, hal tak kalah membanggakan juga terjadi di tingkat ASEAN. Adalah Theresia Aurelia Putri, mahasiswi Prodi Ilmu Hukum Soegijapranata Catholic University (SCU) alias Unika Soegijapranata Semarang.

Dia berhasil menyabet Juara 2 di ajang ASEAN University Games 2024 dari cabang olahraga panjat tebing. Kompetisi itu diselenggarakan di bawah naungan ASEAN University Sports Council (AUSC) pada tanggal 25 Juni hingga 6 Juli 2024.

Baca juga: Kampus dan Jurusan Veddriq Leonardo, Peraih Emas Pertama Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Sport Climbing, khususnya kategori speed relay yang dimenangkan oleh Theresia, merupakan kategori panjat tebing yang menguji kecepatan dalam tim yang terdiri dari tiga orang. Selain cabang olahraga ini, terdapat berbagai cabang olahraga lainnya yang dipertandingkan di ASEAN University Games.

Sosok Theresia Aurellia Putri, Mahasiswa SCU Semarang Juara Kompetisi Panjat Tebing ASEAN

Foto/SCU

Ajang ini diikuti oleh beberapa negara ASEAN, termasuk Malaysia dan Singapura yang turut serta dalam cabang olahraga panjat tebing. Indonesia sendiri saat itu mengirimkan sekira 300 atlet yang bertanding di berbagai cabang olahraga, termasuk 20 atlet dari berbagai daerah di Indonesia untuk cabang panjat tebing.

Baca juga: Spirit Medali 2 Atlet Panjat Tebing di Olimpiade Paris 2024

Theresia menceritakan bahwa sebelum berpartisipasi di ajang internasional ini, ia mengikuti seleksi di tingkat nasional, yakni Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2023 di Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Kompetisi itu berlangsung pada 15 – 22 November 2021.

Sementara, pada persiapannya untuk ASEAN University Games dilakukan dengan serius, meski harus membagi waktu dengan kesibukan kuliahnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)