Cegah Hoaks, Dosen FISIP UWKS Berdayakan Pemilih Pemula di SMA Ta’miriyah

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 09:23 WIB
loading...
Cegah Hoaks, Dosen FISIP...
Dosen Prodi Ilmu Politik FISIP Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) melakukan pemberdayaan pelajar SMA sebagai pemilih pemula di SMA Ta’miriyah Kota Surabaya. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Dosen Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ( FISIP) , Universitas Wijaya Kusuma Surabaya ( UWKS) melakukan edukasi sekaligus pemberdayaan pelajar SMA sebagai pemilih pemula di SMA Ta’miriyah Kota Surabaya.

Program ini merupakan hibah internal Enimas Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) skema Pemberdayaan Masyarakat dengan bidang unggulan Ilmu Politik. Pemberdayaan dilakukan Rizca Yunike Putri, Mandra Nur Alia dan Ahmad Sufaidi.

Pemilih pemula kategori generasi muda, merupakan aset berharga bagi perkembangan negara demokrasi. Meski demikian, masih banyak pemula yang belum sepenuhnya memahami dan merasakan urgensi peran mereka dalam proses demokrasi.
“Kegiatan Politics Goes to School diharapkan dapat memberikan pemahaman serta melatih pelajar untuk aktif memberikan hak suara serta mampu membedakan informasi terkait masalah-masalah pemilu yang mereka terima,” ujar Rizca.



Ahmad Sufiandi menambahkan pengabdian masyarakat ini contoh nyata dari komitmen Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dalam berkontribusi pada upaya pendidikan politik yang diharapkan dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat khususnya pelajar sebagai pemilih pemula

Selain itu menjadi contoh inspirasi bagi dosen dan mahasiswa lainnya dalam melakukan pengabdian masyarakat yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Tim Pengmas FISIP UWKS melakukan sosialisasi dengan memberikan materi peran penting pelajar sebagai pemilih pemula dan dilanjutkan dengan materi tentang penyikapan terhadap hoaks.

“Kegiatan dihadiri oleh 100 pelajar kelas 12, mereka menyambut kegiatan pengabdian ini dengan sangat antusias dengan memberikan pertanyaan pertanyaan terkait pemilu dan Hoax,” kata Mandra Nur Alia.

Apa yang dilakukan para dosen ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman pelajar sebagai pemilih pemula dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1650 seconds (0.1#10.140)