10 Contoh Teks Argumentasi Beserta Strukturnya, Mudah Dipahami

Senin, 02 September 2024 - 10:46 WIB
loading...
10 Contoh Teks Argumentasi...
Teks argumentasi merupakan salah satu bentuk teks dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang ditulis untuk memperkuat suatu pendapat. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Teks argumentasi merupakan salah satu bentuk teks dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang ditulis untuk memperkuat suatu pendapat, yang biasanya dilengkapi dengan data dan fakta.

Tujuan teks argumentasi itu sendiri ialah untuk meyakinkan pembaca terhadap pendapat yang akan disampaikan, sehingga dapat memiliki pendapat yang sama seperti penulis. Teks argumentasi juga dapat digunakan sebagai landasan dalam debat.

Baca juga: 7 Contoh Teks Laporan Hasil Obervasi tentang Tumbuhan dan Ciri-Ciri Penulisannya

Adapun struktur penulisan teks argumentasi, yakni sebagai berikut :

1. Pendahuluan

Sama seperti penulisan teks pada umumnya, ketika ingin menulis teks argumentasi juga diawali dengan bagian pendahuluan. Pada bagian ini, kamu cukup menuliskan penjelasan singkat mengenai topik yang akan dibahas.

2. Badan Argumen

Pada bagian inilah kamu diharuskan untuk memasukkan pendapatmu, yang tentunya disertai dengan data dan fakta yang sesuai. Pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu, hingga mendapatkan data dan fakta yang sesuai dari sumber yang terpercaya.

Baca juga: 5 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan Lengkap Sesuai Struktur Penulisan

3. Kesimpulan

Di bagian terakhir, kamu cukup menuliskan intisari dari pendapat yang telah disampaikan di bagian sebelumnya. Pastikan menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas ketika menuliskannya.

Baca juga: 7 Contoh Teks Protokol Upacara 17 Agustus, Bisa Jadi Referensi

Berikut 10 contoh teks argumentasi yang bisa kamu jadikan sebagai referensi:

1. Perkembangan AI


Perkembangan teknologi yang kian cepat menjadi salah satu tantangan bagi masyarakat Indonesia. Kehadiran artificial intelligence atau AI menjadi salah satu di antara banyaknya tools yang ditawarkan oleh internet, yang seharusnya dipergunakan untuk mempermudah kegiatan yang kita lakukan sehari-hari. Namun diperlukan tindakan yang efektif agar masyarakat Indonesia dapat beradaptasi dengan perkembangan AI.

Perkembangan AI yang tidak optimal dapat menimbulkan beberapa dampak, seperti penyebaran hoax, dan kecurangan ketika mengerjakan tugas. Maka diperlukan adanya pelatihan, seperti workshop mengenai cara menggunakan AI dengan baik dan benar. Selain itu peran dari pemerintah juga sangat penting, untuk menunjang program -program yang akan dilaksanakan.

2. Rutin Olahraga


Satu hal yang perlu diperhatikan dalam berolahraga adalah sejauh mana olahraga itu rutin dilakukan, bukan seberat apa olahraga itu dilakukan. Hal ini dikarenakan olahraga ringan yang dilakukan secara rutin dapat membuat badan menjadi terbiasa berolahraga dan tubuh pun menjadi lebih sehat.

Hal ini akan berbeda jika memaksakan diri melakukan olahraga yang berta. Sebab, hal tersebut justru malah membuat tubuh semakin sakit dan tersiksa. Oleh karenanya, olahraga ringan yang dilakukan secara rutin harus lebih diutamakan dibanding melakukan olahraga berat.

3. Kemerdekaan


Kemerdekaan merupakan hak asasi setiap bangsa yang harus dijunjung tinggi dan dihormati. Hal ini adalah suatu kondisi di mana sebuah negara atau bangsa bebas dari segala bentuk penjajahan dan campur tangan asing.

Hak untuk merdeka membuka peluang bagi sebuah negara untuk mengatur dirinya sendiri sesuai dengan kehendak rakyatnya, menciptakan sistem pemerintahan yang sesuai dengan nilai-nilai dan budaya lokal, serta berperan aktif dalam hubungan internasional.

Kemerdekaan juga menjadi landasan bagi pembangunan suatu bangsa, memungkinkan masyarakat untuk mengembangkan potensi, menciptakan inovasi, serta mencapai kemajuan dan kesejahteraan bersama. Oleh karena itu, kemerdekaan adalah modal berharga dalam mencapai cita-cita keadilan, perdamaian, dan kemajuan yang berkelanjutan.

4. Sampah


Permasalahan yang paling besar dihadapi Indonesia saat ini adalah sampah karena sudah tidak terkontrol lagi. Ada plastik, yang menjadi salah satu di antara banyak kendala yang sangat berpengaruh besar bagi Indonesia. Perlu adanya langkah efektif yang bisa memangkas jumlah sampah plastik ini.

Sampah yang tidak terkontrol menimbulkan banyak bencana seperti banjir, masyarakat masih banyak membuang sampah sembarangan. Maka, perlu adanya pendidikan mengenai sampah dan cara membuang sampah dengan baik supaya tidak salah. Pemerintah pun perlu memberi sanksi tegas jika ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

5. Pengelolaan Taman Nasional Komodo


Taman Nasional Komodo saat ini tengah terancam karena adanya rencana pembangunan Taman Nasional Premium di Pulau Komodo. Rencana tersebut mengancam berbagai aspek mulai dari ekonomi dan pariwisata, konservasi, sampai dengan tata ruang hidup masyarakatnya. Lembaga konservasi di Indonesia pun melayangkan protes dan belum lama ini direspons oleh UNESCO. Tanggapan tersebut diberikan oleh UNESCO pada sidang Komite Warisan Dunia Ke-44 berlokasi di China.

Menilik beberapa tahun terakhir, Taman Nasional Komodo terus menerus dalam keadaan terancam karena model pembangunannya yang berdampak buruk untuk konservasi. Tidak hanya itu, sejumlah kasus penyelundupan komodo dan daging rusa serta pencurian terumbu karang turut memperburuk keadaan dan ekosistem di daerah tersebut.

6. Bencana Alam Buatan


Kerusakan lingkungan merupakan salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh umat manusia di era modern sekarang ini. Hampir setiap hari kita selalu disuguhi dengan berita-berita tentang berbagai macam bencana alam seperti banjir, tanah longsor, kekeringan dan berbagai macam bencana alam lain.

Bencana-bencana tersebut telah memakan banyak sekali korban baik harta maupun nyawa. Bencana-bencana alam "buatan" yang sering terjadi saat ini, tak lain dan tak bukan adalah akibat dari pola hidup sebagian besar manusia modern yang tidak ramah lingkungan.

7. Lingkungan Sekolah yang Nyaman

Kenyamanan bagi pelajar merupakan faktor penting dalam menunjang pembelajaran agar siswa-siswi dapat menyerap pelajaran dengan baik. Kenyamanan di lingkungan sekolah merupakan faktor penting dalam pendidikan. Memang dibeberapa daerah masih terdapat beberapa fasilitas yang bisa dibilang jauh dari kata nyaman dan para siswa-siswi harus terbiasa dengan keadaan tersebut.

Namun, tetap lingkungan yang bersih akan menghasilkan sesuatu yang baik dan positif. Selain dari kenyamanan lingkungan sekolah guru pengajar juga merupakan hal yang tidak kalah penting sesuai kata pepatah bahwa guru yang hebat tentu akan mengahasilkan murid yang hebat pula.

8. Singkong sebagai Pangan Alternatif


Ketahanan pangan merupakan keadaan di mana suatu negara atau wilayah dapat mencukupi kebutuhan pangan bagi seluruh penduduknya. Ketahanan pangan lokal sangat penting untuk mencapai tujuan tersebut.

Singkong adalah salah satu tanaman pangan lokal yang paling strategis di Indonesia. Tanaman singkong dapat tumbuh dengan baik di berbagai kondisi lahan, termasuk di wilayah dengan tanah yang kurang subur atau cenderung kering.

Singkong merupakan salah satu sumber pangan lokal yang memiliki potensi besar. Ketahanan pangan lokal ini yaitu singkong, memberikan manfaat ekonomi dan sosial yang signifikan bagi masyarakat lokal Indonesia.

9. Protokol Kesehatan Covid-19


Jumlah kasus infeksi virus corona di Indonesia kian meningkat. Bertambahnya jumlah kasus ini membuat angka infeksi Covid-19 di Indonesia menembus angka 1 juta. Sudah seharusnya kita lebih patuh terhadap protokol kesehatan yang telah ditentukan Pemerintah Indonesia.

Protokol kesehatan ini ditujukan untuk mencegah penularan virus corona dan meminimalisir bertambahnya angka kasus infeksi. Protokol kesehatan tersebut meliputi menggunakan masker, rajin mencuci tangan, serta wajib menjaga jarak. Hal ini bukanlah hal yang mudah, karena bukan merupakan suatu kebiasaan untuk kita semua.

10. Manfaat Ubi Jalar


Ubi jalar merupakan salah satu makanan pokok orang Indonesia, yang juga dapat dijadikan sebagai alternatif nasi, karena memiliki kandungan gula yang rendah. Ubi jalar mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, dan zat antioksidan.
Mengonsumsi ubi jalar dapat membantu mengurangi risiko penyakit, seperti jantung, diabetes, dan obesitas. Selain itu, ubi jalar juga memiliki manfaat lain, yakni menjaga kesehatan mata, meningkatkan kinerja otak, mencegah tekanan darah tinggi dan menurunkan kolesterol.

Oleh karena itu, dengan beragam manfaat ubi jalar, sudah semestinya masyarakat Indonesia mulai menjadikan ubi jalar sebagai karbohidrat alternatif selain nasi. Selain kaya akan gizi, ubi jalar juga bisa mengurangi sejumlah risiko penyakit.

Sudah mulai memahami teks argumentasi, kan? Ternyata, menyusun teks argumentasi itu mudah, asalkan kamu mengikuti strukturnya dengan tepat. Semangat belajar!

MG/Jasmine Putri Kusuma
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2054 seconds (0.1#10.140)