15 Contoh Teks Narasi Singkat dalam Bahasa Indonesia Berbagai Tema

Senin, 02 September 2024 - 11:06 WIB
loading...
15 Contoh Teks Narasi...
Teks narasi adalah teks yang menceritakan peristiwa secara berurutan dan bisa berupa fiksi (imajinasi) dan non fiksi (fakta). Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Teks narasi adalah teks yang menceritakan peristiwa secara berurutan dan bisa berupa fiksi (imajinasi) dan non fiksi (fakta). Berikut ini 15 contoh penulisannya.

Baca juga: 10 Contoh Teks Argumentasi Beserta Strukturnya, Mudah Dipahami

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks narasi bertujuan untuk menghibur atau memberikan wawasan kepada pembacanya.

Berikut adalah 15 contoh teks narasi singkat dalam bahasa indonesia berbagai tema yang dikutip dari berbagai sumber.

15 Contoh Teks Narasi Singkat dalam Bahasa Indonesia Berbagai Tema

1. Teks Narasi tentang Fiksi


Rohit tersenyum sambil mengayunkan langkahnya sore itu. Angin dingin berhembus, membuat bulu kuduknya berdiri. Aku memasukkan dua tanganku ke dalam saku jaket dan berharap bisa mengurangi dingin, begitupun Rohit.

Baca juga: 5 Contoh Teks Identifikasi Masalah dalam Penelitian, Bisa Jadi Referensi Belajar

Tak lama setelah itu, Ana datang menyambut hangat aku dan Rohit di rumahnya. Aku tidak merasakan dingin lagi, sebab rumahnya tersedia perapian.

2. Teks Narasi tentang Sekolah


Aku menangis tersedu-sedu setelah membaca pengumuman hasil nilai sekolah. Sejujurnya, sudah lama aku berjuang untuk menggapai impian ini. Meski aku sudah berjuang, ekspektasi terburukku bila itu terjadi saat ini.

Baca juga: 15 Contoh Teks Amanat Pembina Upacara dari Berbagai Tema, Bisa Dijadikan Referensi

Ketika aku mengunjungi laman web sekolah dan aku melihat warna merah bertuliskan: Anda dinyatakan tidak lulus seleksi SNMPTN 2020. Saat itu pula tangisku pecah tak terelakkan.

3. Teks Narasi tentang lingkungan


Hal tersulit yang aku lakukan yakni mengajak orang mencintai lingkungan dan membuat mereka percaya bahwa sekecil apa pun usaha mereka akan adanya dampak pada lingkungan. Terlebih lagi masyarakat yang membuang sampah di pantai.

Tidak bisa kubayangkan bagaimana jika ada hewan kecil yang makan sampah mereka dan membuatnya mati ? Meski begitu, aku tetap tidak menyerah untuk mengajak teman-temanku untuk mencintai lingkungan dan alam sekitar.

4. Teks Narasi tentang Sejarah


Pada tahun 1927, Cipto Mangunkusumo diasingkan ke Banda Neira yang dilakukan oleh Pemerintah Belanda, akibat Cipto dianggap melakukan upaya sabotase. Pada masa pengasingannya, Cipto mengalami penyakit asma yang membuat dirinya terpaksa dilarikan ke rumah sakit. Namun, pada tahun 1943, Cipto wafat akibat penyakitnya yang tak kunjung sembuh.

5. Teks Narasi tentang Ekspositoris


Pada 23 Maret 1946, terjadinya perlawanan antara rakyat Bandung dengan sekutu dan Nica (Belanda). Perlawanan ini dikenal sebagai Peristiwa Bandung Lautan Api diawali datangnya pasukan sekutu pada 12 Oktober 1945 yang bersekongkol dengan Belanda untuk menguasai Indonesia kembali.

6. Teks Narasi tentang Sugestif


Hana selalu pergi ke rumah neneknya setiap akhir pekan. Rumah neneknya tak jauh dari rumahnya jadi Hana hanya bersepeda dan membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Nenek Hana mempunyai ayam yang ia pelihara di taman.

Pak Ridwan selalu membantu nenek Hana untuk memelihara ayam dan kebetulan hari itu Pak Ridwan tidak datang mengunjungi rumah Nenek Hana. Maka dari itu, Hana berinisiatif membantu neneknya di taman, sebab saat itu nenek Hana sedang kurang sehat.

7. Teks Narasi tentang pemandangan Pantai Parangtritis


Masih melekat di ingatanku, pemandangan indah pantai Parangtritis. Gelombang ombak bergulung-gulung datang silih berganti menyambutku serasa mengisyaratkan untuk bermain. Air yang jernih dan pasir putih lembut yang menghampar luas tanpa ada batu karang yang menghalangi membuatku ingin kembali ke sana.

8. Teks Narasi tentang perjuangan di pagi buta


Saat itu surya belum bangun, Ayam jago pun belum melakukan tugasnya. Namun, pak Ridwan sudah bangun dan pergi dari rumahnya. Kulitnya terlihat keriput dan tipis yang seolah-olah mempan dari embusan angin yang sedari berusaha membekukannya. Meski begitu, semangat perjuangannya tak berhenti sampai di sana. Ia tetap memulai tanggung jawabnya sebagai pekerja keras demi menghidupi keluarganya.

9. Teks Narasi tentang pertempuran


Pada 7 Desember 1941, ratusan pesawat tempur jepang membombardir pangkalan angkatan laut Amerika Serikat Pearl Harbour dan tercatat lebih dari 2.400 orang Amerika tewas mengenaskan dalam serangan mendadak itu Sehari setelahnya, Amerika Serikat menyatakan perang kepada Jepang.

10. Teks Narasi tentang Kesibukan Kota


Di sebuah kota yang sibuk, terdapat sebuah toko buku tua yang tak pernah sepi pengunjung. Suatu hari, Amelia, seorang gadis menemukan buku tua yang bersinar di rak paling atas dan membukanya. Di saat bersamaan, ia terhisap ke dalam buku itu menuju ke dunia yang tak pernah dikunjungi sebelumnya.

11. Teks Narasi tentang Artistik


Di suatu sore, Toni mencari kayu bakar di hutan yang berada tepat di belakang rumahnya. Tanpa ia sadari, ia terlalu jauh memasuki hutan dan tersesat. Hingga di malam hari, ia mendengar suara aneh yang serasa sedang berusaha menghampirinya.

12. Teks Narasi tentang Kesehatan


Bahlil sangat bersemangat dalam berolahraga, Dengan begitu semangat ia selalu berolahraga setiap harinya. Namun, suatu hari ia terkena penyakit yang membuatnya terpaksa harus berhenti berolahraga. Setelah dilakukan pengecekan dokter, penyakit Bahlil diakibatkan karena olahraga yang terlalu berlebihan. Karena itu ia dilarang untuk berolahraga secara berlebihan.

13. Teks Narasi tentang Kehidupan


Di sebuah kota yang indah, hiduplah seorang pemuda yang bertekad menjadi pahlawan. Karena itu, ia berusaha keras untuk melakukan sit up dan push up setiap harinya sehingga menjadi pemuda yang perkasa dan membantu orang banyak. Hingga suatu hari, ia menolong seorang pria paruh baya yang hampir dibunuh oleh penjahat. Ia berhasil mengalahkan penjahat tanpa terluka sedikitpun dan usahanya selama ini terbayarkan.

14. Teks Narasi tentang Penjual Sayur


Pagi itu, Irma sudah menunggu lama bisa bernapas dengan lega, karena penjual sayur akhirnya ia datang juga. Irma yang sudah lama berlangganan dan memulai mencari sayur yang ia inginkan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)