10 Contoh Teks Argumentasi Beserta Strukturnya, Mudah Dipahami

Senin, 02 September 2024 - 10:46 WIB
loading...
10 Contoh Teks Argumentasi...
Teks argumentasi merupakan salah satu bentuk teks dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang ditulis untuk memperkuat suatu pendapat. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Teks argumentasi merupakan salah satu bentuk teks dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang ditulis untuk memperkuat suatu pendapat, yang biasanya dilengkapi dengan data dan fakta.

Tujuan teks argumentasi itu sendiri ialah untuk meyakinkan pembaca terhadap pendapat yang akan disampaikan, sehingga dapat memiliki pendapat yang sama seperti penulis. Teks argumentasi juga dapat digunakan sebagai landasan dalam debat.

Baca juga: 7 Contoh Teks Laporan Hasil Obervasi tentang Tumbuhan dan Ciri-Ciri Penulisannya

Adapun struktur penulisan teks argumentasi, yakni sebagai berikut :

1. Pendahuluan

Sama seperti penulisan teks pada umumnya, ketika ingin menulis teks argumentasi juga diawali dengan bagian pendahuluan. Pada bagian ini, kamu cukup menuliskan penjelasan singkat mengenai topik yang akan dibahas.

2. Badan Argumen

Pada bagian inilah kamu diharuskan untuk memasukkan pendapatmu, yang tentunya disertai dengan data dan fakta yang sesuai. Pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu, hingga mendapatkan data dan fakta yang sesuai dari sumber yang terpercaya.

Baca juga: 5 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan Lengkap Sesuai Struktur Penulisan

3. Kesimpulan

Di bagian terakhir, kamu cukup menuliskan intisari dari pendapat yang telah disampaikan di bagian sebelumnya. Pastikan menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas ketika menuliskannya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0089 seconds (0.1#10.140)