5 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Dipilih Perempuan, Psikologi Terfavorit

Kamis, 05 September 2024 - 09:55 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah yang...
Prodi psikologi menjadi jurusan kuliah paling banyak dipilih kaum perempuan karena profesi psikologi membutuhkan sikap lemah lembut yang identik dengan perempuan. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 5 jurusan kuliah yang paling banyak dipilih perempuan . Dalam menentukan jurusan kuliah memang tidak ada aturan atau batasan mengenai gender. Baik laki-laki dan perempuan, keduanya sama-sama memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan tinggi.

Hanya saja berdasarkan pengalaman selama ini, ada sejumlah jurusan kuliah yang condong banyak disukai kaum perempuan. Jurusan apa itu? Dikutip dari laman Aku Pintar, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

5 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Dipilih Perempuan


1. Psikologi


Umumnya, perempuan cenderung memiliki olah rasa yang lebih halus dibandingkan dengan laki-laki. Seorang psikolog harus bisa mendengar keluh kesah dan memahami orang lain. Oleh karena itu, profesi psikolog lebih sesuai dengan kehalusan perempuan. Tidak heran jika jurusan ini lebih banyak dipilih perempuan.

2. Keperawatan


Mayoritas mahasiswa jurusan ini adalah perempuan. Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak perempuan yang sabar dan telaten dalam merawat orang lain. Meski begitu, bukan berarti jurusan ini hanya bisa dipelajari oleh perempuan saja. Nyatanya, laki-laki juga mampu bekerja dengan baik sebagai perawat.

3. Kebidanan


Bidang memang identik dengan perempuan. Biasanya, bidan bekerja sama dengan dokter spesialis kandungan. Memang tidak ada aturan yang melarang laki-laki berkuliah di bidang ini. Namun, umumnya laki-laki kurang tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan kehamilan dan perawatan bayi baru lahir.


4. Manajemen


Manajemen menjadi salah satu jurusan yang banyak dipilih perempuan. Perempuan memiliki ketelitian dalam memperhatikan detail sehingga proses pengelolaan sumber daya dapat ditangani dengan baik.

5. Ilmu Komunikasi


Ilmu Komunikasi terbagi dalam beberapa konsentrasi mulai dari periklanan, jurnalistik, marketing, dan broadcasting. Biasanya, perempuan lebih peka dalam pergaulan sosial, sehingga jurusan ini identik dengan perempuan. Meski begitu, jurusan ini tetap bisa dipelajari oleh laki-laki. Karena tidak sedikit laki-laki yang memilih jurusan ini.

Profesi yang Banyak Diminati Wanita Karier


1. Guru atau Dosen


Pekerjaan ini umumnya membutuhkan pendidikan formal seperti sarjana pendidikan atau gelar master dalam bidang tertentu. Pekerjaan ini memungkinkan wanita karir untuk berkontribusi pada pendidikan masyarakat dan memberikan dampak positif pada generasi berikutnya.

2. Marketing


Wanita karier yang bekerja di bidang pemasaran umumnya bertanggung jawab untuk mempromosikan produk atau layanan dan memastikan keberhasilan kampanye pemasaran. Pekerjaan ini memerlukan kreativitas, kemampuan komunikasi yang baik, dan pemahaman tentang perilaku konsumen.

3. Manajer Sumber Daya Manusia


Manajer SDM bertanggung jawab untuk merekrut dan mempekerjakan karyawan yang berkualitas, memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan prosedur perusahaan, serta memberikan dukungan untuk karyawan. Pekerjaan ini membutuhkan pemahaman yang baik tentang hukum ketenagakerjaan, komunikasi yang efektif, dan kemampuan manajemen.

4. Penulis atau Editor

Wanita karier yang bekerja di bidang penulisan atau editorial harus memiliki kemampuan menulis yang baik, kreativitas, dan pemahaman tentang media. Pekerjaan ini termasuk menulis buku, artikel, atau konten digital serta melakukan proses editing dan revisi.

5. Akuntan atau Auditor


Pekerjaan ini memerlukan kemampuan matematika yang baik dan pengetahuan tentang keuangan. Wanita karier di bidang akuntansi bertanggung jawab untuk mengelola dan memeriksa catatan keuangan perusahaan, memastikan kepatuhan terhadap peraturan pajak dan akuntansi, serta memberikan nasihat keuangan.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1338 seconds (0.1#10.140)