7 Jurusan S-1 Langka di Indonesia, Incaran Perusahaan Multinasional hingga BUMN?

Sabtu, 07 September 2024 - 08:30 WIB
loading...
7 Jurusan S-1 Langka...
Salah satu jurusan langka di Indonesia adalah teknik nuklir. UGM adalah satu-satunya universitas di Indonesia yang memiliki jurusan teknik nuklir. Foto ilustrasi/Ist
A A A
Ini daftar 7 jurusan kuliah paling unik dan langka yang lulusannya jadi incaran perusahaan multinasional hingga BUMN. Banyak calon mahasiswa baru yang tertarik untuk mengambil peminatan jurusan S-1 di PTN atau PTS yang sudah popular, seperti Kedokteran, Teknik Sipil, Manajemen, dan sebagainya.

Tapi tahukah kamu, bahwa ada beberapa jurusan S-1 di perguruan tinggi negeri yang tidak cukup populer karena hanya ada satu di Indonesia. Jurusan tersebut disebut paling langka dan hanya sedikit peminat dari calon mahasiswa baru.

Meski jurusan tersebut langka akan tetapi prospek dan peluang kerjanya sangat bagus karena lulusannya disebut bisa meniti karier di perusahaan besar Multinasional hingga BUMN. Benarkah? Mengutip akun instagram @infomasukptn2025, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

7 Jurusan S-1 Paling Unik dan Langka, Jadi Incaran Perusahaan Multinasional hingga BUMN


1. Ilmu Keluarga dan Konsumen


Institut Pertanian Bogor memiliki satu jurusan S-1 paling unik dan langka yaitu Ilmu Keluarga dan Konsumen.Jurusan S-1 Ilmu Keluarga dan Konsumen di bawah naungan Fakultas Ekologi Manusia IPB.

Lulusan jurusan ini dapat meniti karir sebagai peneliti di bidang humaniora, Akademisi, spesialis riset pemasaran dan konsumen, manager target pemasaran, hingga pegawai pemerintah. Gaji yang bisa didapatkan lulusan S-1 Ilmu Keluarga dan Konsumen IPB kisaran Rp4-8 juta per bulan atau setara Rp48-96 juta per tahun.

2. Sastra Belanda


Universitas Indonesia memiliki jurusan paling langka dan unik hanya satu di Indonesia yaitu jurusan S-1 Sastra Belanda. Jurusan ini di bawah naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI

Lulusan jurusan Sastra Belanda dapat meniti karir sebagai translator atau penerjemah bahasa Belanda, baik untuk kepentingan negara maupun swasta, penulis, novelis, content writer, hingga staff di Kementerian Luar Negeri.

Sarjana Sastra Belanda dapat juga berpeluang besar menjadi entrepreneur, atau menekuni bidang pendidikan seperti menjadi staf pengajar atau akademisi.
Gaji yang bisa didapatkan lulusan S-1 Sastra Belanda UI kisaran Rp4-8 juta per bulan atau setara Rp48-96 juta per tahun.

3. Teknik Nuklir


Universitas Gadjah Mada memiliki jurusan terlangka dan unik adalah S-1 Teknik Nuklir.Jurusan S-1 Teknik Nuklir di bawah naungan Fakultas Teknik UGM.

Lulusan jurusan ini berpeluang besar untuk meniti karier sebagai staf engineering di lembaga pemerintah, seperti Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPPETEN), Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perindustrian dan Perdagangan, serta industri, baik untuk perusahaan BUMN maupun swasta. Gaji yang bisa didapatkan lulusan S-1 Teknik Nuklir UGM kisaran Rp5-9juta per bulan atau setara Rp60-108 juta per tahun.

4. Astronomi


Institut Teknologi Bandung memiliki jurusan paling langka dan unik yaitu S-1 Astronomi. Jurusan ini di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB

Lulusan jurusan S-1 Astronomi memiliki peluang pekerjaan terbaik sebagai staf peneliti di lembaga antariksa dunia, penulis atau editor media sains, akademisi, peneliti, Analyst, bekerja di lembaga pemerintahan, seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, LIPI, dan sebagainya Gaji yang bisa didapatkan lulusan S-1 Astronomi ITB kisaran Rp4-9 juta per bulan atau setara Rp48-108 juta per tahun.

5. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan


Universitas Airlangga memiliki satu jurusan paling langka yaitu S-1 Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan. Jurusan ini di bawah naungan Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin Universitas Airlangga.

Lulusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan dapat bekerja sebagai Insinyur perangkat lunak, data scientist, programmer atau software developer, hingga akademisi dan peneliti. Gaji yang bisa didapatkan lulusan S-1 Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Unair kisaran Rp4-10 juta per bulan atau setara Rp48-120 juta per tahun.

6. Teknik Transportasi Laut


Institut Teknologi Sepuluh November memiliki jurusan S-1 paling langka dan unik adalah Jurusan Teknik Transportasi Laut. Jurusan ini bawah naungan Fakultas Teknologi Kelautan ITS Surabaya.

Lulusan Teknik Transportasi Laut berpeluang besar untuk meniti karir sebagai staf Engineer di Industri pelayaran, pelabuhan, logistik, dan lain-lain. Gaji yang bisa didapatkan lulusan S-1 Teknik Transportasi Laut ITS kisaran Rp4-8 juta per bulan atau setara Rp48-96 juta per tahun.

7. Manajemen Industri Katering


Universitas Pendidikan Indonesia memiliki satu jurusan paling langka dan uni yaitu Manajemen Industri Katering. Jurusan ini berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pendidikan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia.Lulusan jurusan ini dapat berpeluang mendapatkan pekerjaan sebagai staf industri food & beverages, baik di perhotelan, restoran, dan lainnya.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3964 seconds (0.1#10.140)