10 Contoh Teks Persuasi Singkat dalam Bahasa Indonesia Berbagai Tema

Minggu, 08 September 2024 - 11:05 WIB
loading...
10 Contoh Teks Persuasi...
Teks persuasi adalah teks yang mengajak, membujuk seseorang ketika membacanya. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Teks persuasi adalah teks yang mengajak, membujuk seseorang ketika membacanya. Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ), teks persuasi bertujuan untuk mengajak pembacanya untuk mengikuti keinginan penulis.

Berikut adalah 10 contoh teks persuasi singkat dalam bahasa indonesia berbagai tema.

1. Teks Persuasi tentang Pentingnya Sarapan


Tidak adanya asupan di pagi hari membuat tubuh tidak memiliki energi untuk beraktivitas. Hal ini diperkuat oleh penelitian international Journal of Gastronomy and Food yang menyatakan bahwa konsumsi sarapan dengan makanan bergizi akan dapat memberikan energi di pagi hari.

Baca juga: 10 Contoh Kalimat Teks Orasi Singkat, Mencakup Berbagai Tema dan Tujuan

Karena itu, sarapan di pagi hari menjadi suatu kewajiban untuk dilakukan setiap orang. Makan makanan yang bergizi, seperti gandum, buah dan sayuran untuk menambah energi.

Marilah mulai dari sekarang untuk menerapkan pentingnya sarapan agar setiap orang dapat memulai hari dengan semangat dan penuh energi.

2. Teks Persuasi tentang Bahaya Merokok


Kebiasaan merokok di tempat umum masih sulit untuk dihilangkan di Indonesia. Meski sudah disediakan bilik khusus untuk merokok tetapi tidak menutup kemungkinan perokok di sembarang tempat. Hal ini yang membuat orang sekitar tidak nyaman dan bisa saja mengakibatkan suatu penyakit akibat asap dari perokok tersebut.

Baca juga: 15 Contoh Teks Argumentasi Pendek dalam Bahasa Indonesia dengan Beragam Tema

Tapi jangan khawatir, tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan yang baik. Kita dapat menjadi pribadi yang baik bagi sesama. Jika kamu peduli sesama, maka kamu harus mengurangi merokok di sembarangan tempat. Mari sayangi kesehatan orang di sekitar terutama keluarga kamu.

3. Teks Persuasi tentang Keluarga


Keluarga merupakan salah satu hal yang terpenting dalam hidup. Mereka selalu memberikan dukungan dalam bentuk apapun. Namun seringkali kita lupa untuk memberikan umpan balik kepada keluarga, karena kesibukan kita.

Saat kita terlena dengan kesenangan bersama-sama teman di luar kita lupa. Tetapi sesaat kita dalam kondisi sakit barulah kita ingat keluarga.

Baca juga: 15 Contoh Teks Narasi Singkat dalam Bahasa Indonesia Berbagai Tema

Karena itu, marilah kita memperkuat ikatan keluarga dengan cara meluangkan waktu sejenak, bercerita tentang kesibukan di luar, dan makan malam bersama. Jangan lupa untuk selalu memberikan kasih sayang kepada keluarga.

4. Teks Persuasi tentang Sampah Plastik


Sampah plastik merupakan masalah serius yang masih harus dihadapi oleh setiap masyarakat. Kita tidak boleh menunggu lama, karena kalau bukan kita. Lantas siapa lagi?

Marilah kita mengambil tindakan untuk menyelamatkan lingkungan sekitar agar tidak tercemar. Karena itu kita perlu mengurangi penggunaan sampah plastik dari sekarang.

5. Teks Persuasi tentang Pentingnya PAUD


Masa kanak-kanak merupakan masa perkembangan karakter bagi anak-anak usia dini. Pendidikan anak usia dini (PAUD) memberikan stimulasi bagi tumbuh dan kembangnya anak usia dini.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1379 seconds (0.1#10.140)