10 Contoh Teks Persuasi Singkat dalam Bahasa Indonesia Berbagai Tema

Minggu, 08 September 2024 - 11:05 WIB
loading...
10 Contoh Teks Persuasi...
Teks persuasi adalah teks yang mengajak, membujuk seseorang ketika membacanya. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Teks persuasi adalah teks yang mengajak, membujuk seseorang ketika membacanya. Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ), teks persuasi bertujuan untuk mengajak pembacanya untuk mengikuti keinginan penulis.

Berikut adalah 10 contoh teks persuasi singkat dalam bahasa indonesia berbagai tema.

1. Teks Persuasi tentang Pentingnya Sarapan


Tidak adanya asupan di pagi hari membuat tubuh tidak memiliki energi untuk beraktivitas. Hal ini diperkuat oleh penelitian international Journal of Gastronomy and Food yang menyatakan bahwa konsumsi sarapan dengan makanan bergizi akan dapat memberikan energi di pagi hari.

Baca juga: 10 Contoh Kalimat Teks Orasi Singkat, Mencakup Berbagai Tema dan Tujuan

Karena itu, sarapan di pagi hari menjadi suatu kewajiban untuk dilakukan setiap orang. Makan makanan yang bergizi, seperti gandum, buah dan sayuran untuk menambah energi.

Marilah mulai dari sekarang untuk menerapkan pentingnya sarapan agar setiap orang dapat memulai hari dengan semangat dan penuh energi.

2. Teks Persuasi tentang Bahaya Merokok


Kebiasaan merokok di tempat umum masih sulit untuk dihilangkan di Indonesia. Meski sudah disediakan bilik khusus untuk merokok tetapi tidak menutup kemungkinan perokok di sembarang tempat. Hal ini yang membuat orang sekitar tidak nyaman dan bisa saja mengakibatkan suatu penyakit akibat asap dari perokok tersebut.

Baca juga: 15 Contoh Teks Argumentasi Pendek dalam Bahasa Indonesia dengan Beragam Tema

Tapi jangan khawatir, tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan yang baik. Kita dapat menjadi pribadi yang baik bagi sesama. Jika kamu peduli sesama, maka kamu harus mengurangi merokok di sembarangan tempat. Mari sayangi kesehatan orang di sekitar terutama keluarga kamu.

3. Teks Persuasi tentang Keluarga


Keluarga merupakan salah satu hal yang terpenting dalam hidup. Mereka selalu memberikan dukungan dalam bentuk apapun. Namun seringkali kita lupa untuk memberikan umpan balik kepada keluarga, karena kesibukan kita.

Saat kita terlena dengan kesenangan bersama-sama teman di luar kita lupa. Tetapi sesaat kita dalam kondisi sakit barulah kita ingat keluarga.

Baca juga: 15 Contoh Teks Narasi Singkat dalam Bahasa Indonesia Berbagai Tema

Karena itu, marilah kita memperkuat ikatan keluarga dengan cara meluangkan waktu sejenak, bercerita tentang kesibukan di luar, dan makan malam bersama. Jangan lupa untuk selalu memberikan kasih sayang kepada keluarga.

4. Teks Persuasi tentang Sampah Plastik


Sampah plastik merupakan masalah serius yang masih harus dihadapi oleh setiap masyarakat. Kita tidak boleh menunggu lama, karena kalau bukan kita. Lantas siapa lagi?

Marilah kita mengambil tindakan untuk menyelamatkan lingkungan sekitar agar tidak tercemar. Karena itu kita perlu mengurangi penggunaan sampah plastik dari sekarang.

5. Teks Persuasi tentang Pentingnya PAUD


Masa kanak-kanak merupakan masa perkembangan karakter bagi anak-anak usia dini. Pendidikan anak usia dini (PAUD) memberikan stimulasi bagi tumbuh dan kembangnya anak usia dini.

Karena itu pentingnya kita memberikan pendidikan anak usia dini agar dapat meningkatkan kemampuan kognitif maupun mengembangkan karakter sejak dini.

6. Teks Persuasi tentang Pengangguran


Pengangguran merupakan masalah yang masih melanda kehidupan kalangan pemuda di Indonesia. Hal ini dapat memengaruhi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Pemerintah terus berupaya dalam menanggulangi masalah ini, karena itu kalangan pemuda juga harus turut serta dalam menanggulangi masalah ini. Kita sebagai kalangan pemuda bukan hanya mencari pekerjaan, melainkan kita juga harus bisa menciptakan pekerjaan. Jika kita menggunakan cara ini setidaknya kita dapat mengurangi masalah pengangguran di Indonesia.

7. Teks Persuasi tentang Kekerasan Terhadap Anak


Kekerasan terhadap anak merupakan masalah yang merusak dan memerlukan perhatian serius dari semua kalangan masyarakat. Hal ini dapat merusak mental dan masa depan anak-anak yang menjadi korban akan kekerasan tersebut. Mencegah kekerasan diperlukan tindakan yang serius dan kesadaran akan pentingnya menjaga anak.

Bersama, kita dapat mencegah dan menanggulangi kekerasan terhadap anak agar generasi emas dapat terwujud. Marilah kita merangkul setiap anak-anak kita agar terciptanya keharmonisan dan terlindunginya dari kekerasan tersebut.

8. Teks Persuasi tentang Penanggulangan Iklim


Perubahan iklim telah menjadi ancaman global yang mendesak. Tanah mengering, suhu yang meningkat secara ekstrim merupakan tanda-tanda dari perubahan iklim yang sedang tidak baik. Perubahan iklim juga dapat disebabkan dari tindakan manusia yang tidak bertanggung jawab seperti pembakaran bahan bakar fosil, penebangan pohon secara ilegal dan industri secara besar-besaran.

Marilah bersatu untuk mengambil tindakan yang serius dalam keberlanjutan bumi ini. Saat kita bersatu, niscaya masalah ini dapat terselesaikan.

9. Teks Persuasi tentang Kesehatan


Tahukah kamu bahwa tubuh kita membutuhkan vitamin dan mineral setiap harinya? Ya, vitamin dan mineral sangat dibutuhkan untuk tubuh kita sebelum menjalani aktivitas agar tetap sehat.

Beragam makanan sehat yang mengandung vitamin dan mineral, seperti buah-buahan, susu, dan daging. Hal ini membuktikan bahwa pola hidup yang bukanlah sulit, melainkan menjumpai makanan seperti itu yang membuat kita sulit. Sebab, makanan saat ini sudah banyak terkontaminasi zat-zat kimia yang membuat tubuh menjadi mudah terserang penyakit.

Karena itu, mulai dari sekarang mari terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi vitamin dan mineral setiap harinya. Selain makanan sehat, berolahraga juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan tubuh kita.

10. Teks Persuasi tentang Pentingnya Belajar Bahasa Daerah


Indonesia memiliki beragam budaya, daerah, bahasa dan suku, mulai dari Aceh sampai Papua. Meski begitu, menurut data UNESCO pada 2019 mengungkapkan bahwa sekitar 2.500 bahasa di dunia terancam punah, salah satunya di Indonesia.

UNESCO menyatakan sebanyak 100 bahasa di Indonesia terancam punah dalam 30 tahun terakhir. Bagaimana sudah jelas bukan, kalau bahasa daerah di Indonesia sudah terancam punah. Karena itu, generasi muda saat ini marilah melestarikan budaya Indonesia dengan menggunakan bahasa daerah di kehidupan sehari-hari hingga nantinya selama bertahun-tahun kedepan budaya Indonesia tetap terjaga.

Itulah ulasan mengenai 10 contoh teks persuasi singkat dalam bahasa Indonesia berbagai tema. Semoga ulasan ini menjadi pengetahuanmu ya!

MG/Bramcov Stivens Situmeang
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1796 seconds (0.1#10.140)