7 Jurusan Kuliah Langka yang Hanya Ada di Indonesia, Teknologi Batik Salah Satunya

Senin, 09 September 2024 - 10:00 WIB
loading...
7 Jurusan Kuliah Langka...
Jurusan teknologi batik menjadi salah satu jurusan kuliah unik dan langka yang hanya ada di perguruan tinggi Indonesia . Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 7 jurusan kuliah unik yang hanya di Indonesia. Dalam banyak hal, kualitas perguruan tinggi di Indonesia banyak tertinggal dengan sejumlah negara di dunia.

Namun ada satu fakta menarik di dunia pendidikan tinggi Indonesia yang tidak dimiliki negara lain? Apa itu? Ada 7 jurusan kuliah unik yang hanya ada di Indonesia.

Jurusan-jurusan ini tidak hanya menawarkan prospek karier yang menjanjikan, tetapi juga berperan penting dalam memenuhi kebutuhan spesifik negara. Jurusan apa saja? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

7 Jurusan Kuliah Langka yang Hanya Ada di Indonesia


1. Teknologi Batik


Jurusan Teknologi Batik hadir sebagai respons atas pengakuan UNESCO terhadap batik sebagai Warisan Budaya Takbenda pada tahun 2009. Jurusan ini bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan seni batik Indonesia dengan menggabungkan aspek teknologi dan desain.

Mahasiswa yang mengambil jurusan kuliah ini akan dibekali pengetahuan dan keterampilan dalam proses pembuatan batik, mulai dari merancang motif hingga pewarnaan kain.

2. Ilmu Keluarga dan Konsumen


Ilmu Keluarga dan Konsumen adalah jurusan yang mempelajari ilmu-ilmu dasar yang terkait dengan keluarga dan konsumen, seperti manajemen keuangan keluarga, pola konsumsi masyarakat, dan perlindungan konsumen.

Jurusan ini mempersiapkan mahasiswa untuk berkarier di bidang-bidang seperti perencanaan keuangan, manajemen rumah tangga, dan advokasi konsumen.

3. Kriminologi


Kriminologi adalah jurusan yang mempelajari perilaku kriminal, baik dari perspektif individu maupun sosial. Mahasiswa akan belajar tentang teori-teori kriminologi, metode penelitian kriminologi, dan kebijakan-kebijakan penanganan kejahatan.

Jurusan ini mempersiapkan mahasiswa untuk berkarier di bidang penegakan hukum, rehabilitasi pelaku kejahatan, dan pencegahan kejahatan.


4. Tasawuf Psikoterapi


Tasawuf Psikoterapi adalah jurusan yang menggabungkan dua disiplin ilmu yang berbeda, yaitu tasawuf dan psikoterapi. Mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep tasawuf, seperti zikir dan sufisme, serta teknik-teknik psikoterapi yang berbasis psikologi Barat.

5. Seni Pertunjukan Wayang


Seni Pertunjukan Wayang merupakan jurusan yang berfokus pada pelestarian dan pengembangan seni pertunjukan wayang, salah satu kekayaan budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity.

Mahasiswa yang mengambil jurusan kuliah ini nantinya akan belajar berbagai jenis wayang, teknik pedalangan, dan tata panggung pertunjukan wayang.

6. Seni Karawitan


Seni Karawitan terdapat di beberapa jurusan perguruan tinggi seperti Institut Seni Indonesia, Universitas Kristen Satya Wacana, dan Universitas Negeri Yogyakarta. Jurusan ini terbentuk sebagai usaha konservasi serta pelestarian budaya agar tidak tergantikan oleh budaya modern.

Jurusan Seni Karawitan akan mempelajari seni musik dari berbagai daerah di Indonesia. Tidak hanya itu, jurusan ini juga akan mempelajari banyak instrumen musik tradisional seperti suling, kecapi, gamelan, dan gendang, serta belajar teknik vokal tradisional, seperti sinden.

7. Tenaga Penyuluh Lapangan


Jurusan Tenaga Penyuluh Lapangan telah berkembang dan dapat ditemukan di beberapa perguruan tinggi, seperti Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta, Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Bandung, dan Akademi Teknik Industri Makassar. Namun sebelumnya, jurusan ini hanya dapat ditemukan di Akademi Kimia Analisis Bogor setelah dibentuk oleh Kementerian Perindustrian pada 2007.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)