Apa Itu Simulasi CAT BKN Buat Daftar CPNS? Simak Cara Daftar dan Cara Mengerjakannya Yuk!

Rabu, 11 September 2024 - 09:00 WIB
loading...
Apa Itu Simulasi CAT...
Peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 bisa berlatih seleksi melalui simulasi CAT BKN. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Begini penjelasan apa itu simulasi CAT BKN untuk daftar CPNS yang perlu diketahui. Peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 bisa berlatih seleksi melalui simulasi CAT BKN.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyediakan layanan ini sebagai persiapan tes seleksi CPNS dengan sistem computer assisted test (CAT). Pertanyaannya apa itu simulasi CAT BKN untuk daftar CPNS? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!
Pengertian CAT BKN dan Tujuannya

Simulasi CAT BKN adalah layanan berbasis website yang dikembangkan BKN sebagai metode pelatihan sistem seleksi dengan alat bantu komputer (computer assisted test/CAT) dalam rangka persiapan tes seleksi CASN, seleksi pengembangan karier, dan seleksi selain ASN.

Sistem CAT digunakan sejak 2013. CAT adalah tes dalam seleksi CPNS berbasis komputer, di mana nilai bisa dipantau langsung masyarakat umum ketika peserta mengerjakan soal atau usai tes.



Dikutip dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dengan hadirnya CAT, diharapkan negara memperoleh sumber daya manusia yang profesional.

CAT merupakan metode seleksi dengan alat bantu komputer yang dipakai untuk memperoleh standar minimal kompetensi dasar yang digunakan.

Sistem CAT tak hanya diterapkan untuk formasi umum saja, melainkan juga untuk formasi khusus, antara lain putra/putri lulusan terbaik dengan predikat "dengan pujian/cum laude, diaspora, penyandang disabilitas, putra/putri Papua dan Papua Barat, dan tenaga pengamanan siber (cyber security)".

Ketika berada di ruangan tes, setiap peserta akan memperoleh soal yang berbeda dengan peserta lain walaupun mejanya bersebelahan.

Cara Ikut Simulasi CAT BKN


Untuk bisa ikut simulasi CAT BKN, peserta bisa mengakses portal https://cat.bkn.go.id, kemudian klik menu "Mulai Simulasi CAT". Peserta harus mendaftar terlebih dulu untuk bisa mengikuti simulasi ini.

Cara Daftar Simulasi CAT BKN


Buka situs https://cat.bkn.go.id/simulasi/

Pilih menu "Simulasi" kemudian klik "Daftar"
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0925 seconds (0.1#10.140)