10 Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya, Mudah Dipahami

Rabu, 11 September 2024 - 13:05 WIB
loading...
10 Contoh Teks Eksemplum...
Teks eksemplum adalah jenis teks yang bertujuan untuk memberikan contoh atau teladan melalui sebuah cerita nyata atau imajiner. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Teks eksemplum adalah jenis teks bahasa yang bertujuan untuk memberikan contoh atau teladan melalui sebuah cerita nyata atau imajiner. Tujuannya adalah agar tidak melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari.

Struktur Teks Eksemplum


Struktur dari teks eksemplum biasanya terdiri dari tiga bagian:

1. Orientasi


Bagian awal dari teks eksemplum ini berisi pengenalan terhadap tokoh dalam cerita.

Baca juga: 10 Contoh Teks Reporter dalam Bahasa Inggris yang Mencakup Berbagai Jenis Berita

2. Insiden


Sesuai namanya, bagian teks eksemplum selanjutnya ini menyuguhkan masalah yang dihadapkan kepada tokoh yang baru saja diperkenalkan pada bagian orientasi.

3. Interpretasi


Bagian terakhir dari teks eksemplum akan menjadi penyelesaian terhadap cerita yang ada. Biasanya, kita dapat menjumpai akibat yang ditanggung si tokoh dalam cerita, evaluasi, hingga pesan moral pada bagian ini.

Berikut adalah 10 contoh teks eksemplum yang berbeda dengan struktur yang sesuai.

1. Contoh Teks Eksemplum berjudul "Kena tilang Polisi".


Orientasi

Budi adalah siswa SMP. Umurnya 14 tahun, setiap hari ia berangkat ke sekolah mengendarai sepeda motor. Namun, karena masih 14 tahun ia belum memiliki SIM.

Insiden

Pada suatu hari, ia berangkat ke sekolah seperti biasa dan lupa mengenakan helm. Tiba-tiba di perempatan dekat lampu merah, ia dihentikan oleh polisi. Lalu polisi itu meminta Budi untuk mengeluarkan SIM dan STNK, karena belum mempunyai SIM, maka ia pun ditilang.

Interpretasi

Baca juga: 20 Contoh Teks Berita Singkat di Televisi Berbagai Topik

Dari kejadian itu, Budi menjadi paham bahwa perlengkapan berkendara harus selalu digunakan. Karena selain membahayakan diri sendiri, juga membahayakan pengguna jalan yang lain. Setelah kejadian itu, Budi tidak mau ke sekolah sendiri lagi. Ia lebih memilih diantar oleh ayahnya yang sudah memiliki SIM.

2. Contoh Teks Eksemplum berjudul "Ceroboh Itu Merugikan"


Orientasi:

Namaku Sari, kegemaranku adalah membaca buku cerita. Jika ada waktu luang aku bisa membaca hampir habis semua halaman buku tersebut, sayangnya karena kecerobohan ku kegemaran ini membuat diriku rugi.

Insiden:
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0920 seconds (0.1#10.140)