10 Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya, Mudah Dipahami

Rabu, 11 September 2024 - 13:05 WIB
loading...
10 Contoh Teks Eksemplum...
Teks eksemplum adalah jenis teks yang bertujuan untuk memberikan contoh atau teladan melalui sebuah cerita nyata atau imajiner. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Teks eksemplum adalah jenis teks bahasa yang bertujuan untuk memberikan contoh atau teladan melalui sebuah cerita nyata atau imajiner. Tujuannya adalah agar tidak melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari.

Struktur Teks Eksemplum


Struktur dari teks eksemplum biasanya terdiri dari tiga bagian:

1. Orientasi


Bagian awal dari teks eksemplum ini berisi pengenalan terhadap tokoh dalam cerita.

Baca juga: 10 Contoh Teks Reporter dalam Bahasa Inggris yang Mencakup Berbagai Jenis Berita

2. Insiden


Sesuai namanya, bagian teks eksemplum selanjutnya ini menyuguhkan masalah yang dihadapkan kepada tokoh yang baru saja diperkenalkan pada bagian orientasi.

3. Interpretasi


Bagian terakhir dari teks eksemplum akan menjadi penyelesaian terhadap cerita yang ada. Biasanya, kita dapat menjumpai akibat yang ditanggung si tokoh dalam cerita, evaluasi, hingga pesan moral pada bagian ini.

Berikut adalah 10 contoh teks eksemplum yang berbeda dengan struktur yang sesuai.

1. Contoh Teks Eksemplum berjudul "Kena tilang Polisi".


Orientasi

Budi adalah siswa SMP. Umurnya 14 tahun, setiap hari ia berangkat ke sekolah mengendarai sepeda motor. Namun, karena masih 14 tahun ia belum memiliki SIM.

Insiden

Pada suatu hari, ia berangkat ke sekolah seperti biasa dan lupa mengenakan helm. Tiba-tiba di perempatan dekat lampu merah, ia dihentikan oleh polisi. Lalu polisi itu meminta Budi untuk mengeluarkan SIM dan STNK, karena belum mempunyai SIM, maka ia pun ditilang.

Interpretasi

Baca juga: 20 Contoh Teks Berita Singkat di Televisi Berbagai Topik

Dari kejadian itu, Budi menjadi paham bahwa perlengkapan berkendara harus selalu digunakan. Karena selain membahayakan diri sendiri, juga membahayakan pengguna jalan yang lain. Setelah kejadian itu, Budi tidak mau ke sekolah sendiri lagi. Ia lebih memilih diantar oleh ayahnya yang sudah memiliki SIM.

2. Contoh Teks Eksemplum berjudul "Ceroboh Itu Merugikan"


Orientasi:

Namaku Sari, kegemaranku adalah membaca buku cerita. Jika ada waktu luang aku bisa membaca hampir habis semua halaman buku tersebut, sayangnya karena kecerobohan ku kegemaran ini membuat diriku rugi.

Insiden:

Saat aku kelas 6 Sekolah Dasar aku pernah dikenakan denda karena merusak buku pinjaman perpustakaan. Aku meminjam buku yang berjudul Akhlak Mulia.

Baca juga: 15 Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya

Guru penjaga perpustakaan mengingatkan kami untuk menjaga buku yang kami pinjam agar tidak rusak dan apabila rusak kami dikenakan denda. Setelah membacanya adik sepupuku yang berumur 3 tahun merobek-robek buku tersebut. Sehingga aku dimarahi guru penjaga perpustakaan karena ceroboh dan harus membayar denda Rp. 30.000, 00.

Interpretasi:

Aku bersyukur hanya dikenakan denda berupa uang, bukan harus menggantikan buku yang sama dengan buku yang kupinjam yang entah dimana aku bisa mendapatkan buku tersebut.

3. Contoh Teks Eksemplum berjudul "Tangga Kopi"


Orientasi

Setelah pulang sekolah aku memutuskan untuk langsung menuju ke kos tanpa mampir ke tempat seperti biasa. Saat melihat dispenser di kamar kos, aku berpikir bahwa sepertinya nikmat sebelum tubuh berbaring minum kopi terlebih dahulu. Kebetulan saat itu persediaan kopi masih lumayan banyak.

Insiden

Kopi pun sudah siap diminum dan aku ingin pergi ke kos lantai 1 (kamar saya di lantai 2) sembari membawa kopi yang baru saja dibuat.

Aku nekat membawa gelas kopi menuruni anak tangga tetapi karena aku gugup menuruni anak tangga, tanganku menjadi tidak seimbang sehingga kopi pun tumpah ke anak tangga, dimana anak tangga tersebut sering dilewati oleh anak-anak.

Interpretasi

Berdasarkan cerita pengalaman pribadi diatas, kita bisa belajar ketika membawa sesuatu terutama yang rawan, kita harus lebih berhati-hati dan tidak tergesa-gesa. Sehingga tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Contoh Teks Eksemplum berjudul "Kejujuran Seorang Anak"


Orientasi

Andi adalah siswa kelas 6 SD. Ia tinggal bersama ibunya. Ibunya adalah seorang penjual kue. Setiap pulang sekolah ia berjualan koran. Ia jual koran karena pendapatan ibunya sebagai penjual kue kurang.

Insiden

Ia tidak melanjutkan sekolahnya karena kekurangan biaya dan juga dia harus membantu ibunya untuk mencari uang. Pada suatu hari, ketika berjualan koran, ia menemukan sebuah "cek" yang bernilai sangat besar atas nama Hamid. Ia pun mengambilnya dan berusaha untuk mencari pemilik cek tersebut.

Interpretasi

Dari kejadian itu, hikmahnya jika kita menemukan barang milik orang lain, segeralah untuk mengembalikannya karena barang itu bukan milik kita dan kebaikan yang kita perbuat pasti ada balasannya.

5. Contoh Teks Eksemplum berjudul "Putri Tangguk"


Orientasi

Alkisah, di Desa Bunga Tanjung ada seorang perempuan tua yang mempunyai huma. Humanya tidak begitu luas, hanya seluas tangguk penangkap ikan, tetapi hasilnya melimpah ruah. Putri Tangguk nama perempuan itu. Ia memiliki tujuh orang anak.

Insiden

Pagi yang masih dingin tidak menghalangi niat Putri Tangguk dan suaminya pergi ke sawah untuk menuai padi demi memenuhi kebutuhan keluarga. Jalan menuju huma yang mereka tuju sangat licin sehingga Putri Tangguk beserta suami dan anak-anaknya sering tergelincir.

Perempuan setengah baya itu tampak kesal. “Jalan licin!” terdengar Putri Tangguk menyumpah.

Interpretasi

Sebagai ciptaan Tuhan Yang Mahakuasa, manusia tidak boleh sombong dan angkuh.

6. Contoh Teks Eksemplum berjudul "Penyesalan Ahmed"


Orientasi

Pagi ini Ahmed masih sibuk bercermin agar terlihat gagah pada saat pelantikan menjadi ketua Osis. Ahmed adalah anak saudagar kaya. Walaupun demikian Ahmed dikenal sebagai anak yang santun dan dermawan.

Insiden

Banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi Ahmed. Seiring berjalannya persahabatan antara Ahmed & Nando semakin merenggang.

Interpretasi

Ahmed pun menyesal teramat dalam. Oleh sebab itu sesibuk apapun kegiatan kita, tak seharusnya kita melupakan sahabat sebab sahabat merupakan orang yang selalu memberikan semangat & bantuan.

7. Contoh Teks Eksemplum berjudul "Pencurian"


Orientasi

Sabtu sore, aku pulang dari lapangan futsal di sekitar kota Ngabang. Aku baru saja bermain futsal disana. Sampai kos sudah maghrib, aku langsung mandi.

Insiden

Minggu pagi, aku dan Devi bangun di pagi yang kacau. Kami kemalingan. Dua laptop, dua handphone, satu modem, dan tasku hilang. Seseorang telah mencurinya semalam.

Interpretasi

Kejadian ini adalah peringatan besar untuk kami. Sejak itu, kedua tokoh tersebut harus waspada.

8. Contoh Teks Eksemplum berjudul "Telat Bangun"


Orientasi

Jam dinding itu menunjukkan pukul 06.00 pagi. Hmph, ini hari Senin! Tanpa terasa, hari Minggu sudah berlalu begitu saja.

Insiden

Aku menguap lebar dan sebuah pikiran muncul di benakku. Sekolah online hari ini kan baru mulai pukul 08.00! Mataku masih terlalu berat karena drama Korea yang kutonton hingga dini hari.

Interpretasi

Kejadian ini adalah peringatan agar menonton dan istirahat yang cukup.

9. Contoh Teks Eksemplum berjudul "Orang yang Tak Dikenal"


Orientasi

Aku punya pengalaman yang mengerikan bulan lalu. Ketika itu, aku pergi ke sebuah desa terpencil di selatan Jawa Barat. Aku sedang menuju ke kota berikutnya.

Insiden

Dalam perjalanan, seorang pemuda melambai kepadaku. Aku menghentikan mobilku dan dia meminta tumpangan.

Interpretasi
Kejadian tersebut menyadari bahwa jika kita ingin membantu orang lain, kita harus berhati-hati.

10. Contoh Teks Eksemplum berjudul "Taat Berlalu Lintas"


Orientasi

Suatu ketika, saya dan kakak saya memutuskan untuk kembali ke Semarang pada Senin pagi supaya waktu lebih lama di rumah.

Insiden

Selama perjalanan saya dengan percaya diri membawa motor dengan kecepatan tinggi dan saat itu belum ada STNK dan SIM. Namun celakanya, di depan saya ada sebuah selokan kecil. Kami mengalami luka-luka dan dibawa ke salah satu rumah warga.

Interpretasi

Dari kejadian tersebut, saya menjadi mengerti akan pentingnya menaati peraturan negara termasuk peraturan berlalu lintas dan membuat saya untuk lebih berhati-hati dalam berkendara.

Demikian struktur dan contoh teks eksemplum . Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1409 seconds (0.1#10.140)