Mengenal Prospek Kerja Jurusan Data Science, Dibutuhkan di Bidang Fintech hingga Energi

Kamis, 12 September 2024 - 16:00 WIB
loading...
Mengenal Prospek Kerja...
Menurut Kominfo, Indonesia masih membutuhkan 9 juta talenta digital pada 2030 termasuk di bidang data science. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Menurut Kominfo, Indonesia masih membutuhkan 9 juta talenta digital pada 2030 termasuk di bidang data science. Hal ini menyebabkan Data Scientist memiliki prospek karier yang menjanjikan dengan penawaran gaji yang tinggi.

Salah satu penyebabnya adalah kebutuhan yang tidak sebanding dengan ketersediaan sumber daya manusia saat ini.

Apa itu Data Science?

Secara sederhana data science adalah ilmu yang mempelajari data. Seorang data scientist bekerja layaknya seorang detektif yang mencari petunjuk tersembunyi di dalam data untuk mendapatkan wawasan (insight) terkait suatu fenomena.

Petunjuk tersebut dapat berupa pola-pola yang menarik, keterhubungan, dan trend yang akhirnya membuahkan prediksi atau peramalan terhadap fenomena yang sedang dipelajari. Insight dari pengolahan data akan dianalisis dan akhirnya menjadi suatu informasi penting yang diperlukan oleh pemimpin untuk mengambil kebijakan strategis.

Baca juga: 10 Prospek Menjanjikan Lulusan Pendidikan Fisika, Ternyata Bukan Hanya Menjadi Pengajar

Seorang Data Scientist adalah seorang yang multitalenta karena mampu menguasai statistika, pemrograman, dan pengetahuan (knowledge) pendukung dalam ranah tertentu. Ilmu Statistika diperlukan untuk mempelajari tentang pengumpulan, pengolahan, penyajian hingga interpretasi data.

Kemampuan penggunaan metode yang tepat serta pengetahuan mengenai ilmu data sangat diperlukan untuk menghindari kesalahan yang berdampak pada interpretasi hasil pengolahan data.

Baca juga: 8 Jurusan Kuliah yang Dinilai Paling Sulit di Indonesia tapi Lulusan Jarang Nganggur?

Membahas bidang yang tengah naik daun ini, Jacob Stevy Seleky, Ketua Program Studi Statistika Matana University turut berpendapat. Kata dia, untuk sukses dalam dunia profesional, penting bagi seorang Data Scientist memiliki keahlian khusus yang berkaitan dengan area tertentu yang relevan dengan rekomendasi kebijakan strategis yang diambil dari hasil analisis data.

Baca juga: 30 Jurusan Kuliah Soshum dengan Prospek Kerja Bagus di Masa Depan, Ini Daftarnya!

"Keahlian ini sangat penting karena pengetahuan mendalam tentang bidang kerja spesifik memberikan keunggulan kompetitif, menjadikan mereka tidak hanya sebagai analis data, tetapi juga sebagai pengarah strategi yang mampu mempengaruhi keputusan bisnis secara signifikan," katanya, melalui siaran pers, Kamis (12/9/2024).

Prospek Kerja Jurusan Data Science


Profesi data scientist memiliki cakupan yang luas dan dapat diterapkan di berbagai sektor industri. Berikut ini ulasannya.

1. Bidang Fintech


Lulusan Data Scientist bisa membantu mendeteksi penipuan transaksi dan menganalisis Big Data untuk penilaian kredit.

2. Aktuaria


Lulusan Data Scientist bisa menentukan premi asuransi dan menganalisis risiko investasi dana pensiun.

3. Kesehatan


Lulusan Data Scientist di sektor Kesehatan bisa memprediksi penyakit, mengevaluasi efektivitas perawatan, dan mengoptimalkan alur kerja rumah sakit.

4. Industri dan Manufaktur


Lulusan Data Scientist terlibat dalam pemeliharaan prediktif, analisis data sensor untuk perawatan mesin, otomatisasi kontrol kualitas berbasis visi komputer, dan peningkatan kualitas produksi.

5. E-Commerce


Lulusan Data Scientist bisa mengembangkan sistem rekomendasi produk, menganalisis perilaku konsumen untuk personalisasi iklan, dan mengoptimalkan rantai pasok.

6. Sport-Science


Lulusan Data Scientist mampu menganalisis kinerja atlet, memprediksi cedera, dan mengembangkan strategi tim berdasarkan data pertandingan. Mereka juga memainkan peran penting dalam peningkatan interaksi penggemar melalui analisis data.

7. Government and Public Policy


Lulusan Data Scientist akan dipercaya untuk mengembangkan konsep smart city, memprediksi kebutuhan infrastruktur, dan melakukan simulasi kebijakan publik.

8. Cybersecurity


Data Scientist mendeteksi ancaman keamanan dan mengembangkan strategi pertahanan berbasis Big Data. Dalam Agriculture and Environmental Science, mereka memanfaatkan data untuk optimasi hasil pertanian, pemantauan lingkungan, dan pengelolaan sumber daya alam.

9. Energy and Utilities


Mereka akan terlibat dalam manajemen jaringan listrik pintar, prediksi konsumsi energi, dan integrasi energi terbarukan.

Dengan keahlian yang mencakup berbagai industri, Data Scientist menjadi kunci dalam inovasi dan pengambilan keputusan strategis di era digital ini.

Prodi Statistika (Data Science) Matana University merupakan satu-satunya di wilayah Kabupaten Tangerang dan telah terakreditasi Baik Sekali dan telah terbukti dengan alumni yang bekerja di bidang Data Science.

Prodi Statistika juga telah bekerja sama dengan BPS Tangerang dan Badan Nasional Sertifikat Profesi (BNSP) untuk memfasilitasi mahasiswa mengikuti tes Competency Associate Data Science (CADS) sebagai bekal dan portofolio mahasiswa memasuki dunia kerja sebagai seorang Data Scientist.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)