8 Jurusan Kuliah yang Dinilai Paling Sulit di Indonesia tapi Lulusan Jarang Nganggur?

Kamis, 12 September 2024 - 13:49 WIB
loading...
8 Jurusan Kuliah yang...
Jurusan kedokteran menjadi salah satu program studi di Indonesia yang dinilai memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 8 jurusan kuliah yang dinilai paling sulit di dunia pendidikan tinggi Indonesia. Dalam menentukan jurusan kuliah banyak hal yang harus dipertimbangkan calon mahasiswa.

Mulai dari mata kuliah yang akan dipelajari, prospek kerja hingga tingkat kesulitan jurusan itu sendiri. Lalu apakah ada jurusan kuliah yang sulit dan mudah? Artikel kali ini khusus membahas daftar 8 jurusan kuliah yang dinilai paling sulit di Indonesia, simak ya!

8 Jurusan Kuliah yang Dinilai Paling Sulit tapi Menjanjikan di Indonesia


1. Kedokteran


Jurusan kuliah pertama yang dinilai memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi adalah kedokteran. Pasalnya mahasiswa yang masuk jurusan kuliah ini memerlukan perjuangan untuk bisa lulus.

2. Teknik Informatika


Program studi Teknik Informatika meski dinilai cukup sulit namun memiliki prospek kerja cukup menjanjikan bagi lulusannya.

3. Farmasi


Dalam bidang kesehatan tak hanya Ilmu Kedokteran yang memiliki tingkat kesulitan tinggi, Farmasi juga menjadi salah satu jurusan kuliah yang cukup sulit.


4. Teknik Kimia


Mahasiswa yang memilih jurusan kuliah ini akan mempelajari tentang gabungan sains kimia dan ilmu teknik industri. Meski menjadi salah satu jurusan kuliah yang cukup sulit namun memiliki prospek kerja menjanjikan.

5. Teknik Penerbangan


Mahasiswa yang masuk jurusan kuliah ini akan mempelajari tentang penerbangan mulai dari perancangan mesin, konversi sinergi, teknik produksi mesin, desain hingga perawatan pesawat terbang.

6. Ilmu Matematika


Ilmu Matematika menjadi salah satu jurusan kuliah yang sangat sulit namun memiliki prospek kerja menjanjikan bagi lulusannya.
Mahasiswa yang lulus jurusan kuliah ini bisa menjadi auditor, data analyst, akuaris, tenaga pengajar, perbankan dan masih banyak lainnya.

7. Statistika


Tak beda jauh dengan matematika, jurusan kuliah ini juga menjadi yang tersulit karena memiliki banyak materi perhitungan.
Lulusan jurusan kuliah ini dinilai memiliki kemampuan yang cukup bagus dalam mengolah dan menganalisa data.

8. Ilmu Fisika Murni


Mahasiswa akan mempelajari tentang Ilmu Fisika secara mendalam seperti fisika nuklir, partikel dan fisika material.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)