Mengenal Teks Nonfiksi, Struktur dan 10 Contohnya Berbagai Tema

Jum'at, 13 September 2024 - 17:01 WIB
loading...
Mengenal Teks Nonfiksi,...
Teks nonfiksi merupakan teks yang menyampaikan cerita berdasarkan fakta. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Teks nonfiksi merupakan teks yang menyampaikan cerita berdasarkan fakta . Sedangkan, menurut Trim (2014), teks nonfiksi merupakan sebuah tulisan berisikan fakta atau kejadian sebenarnya terjadi bisa berupa seorang tokoh atau kejadian tertentu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks nonfiksi bertujuan untuk memberikan informasi, menyampaikan suatu fakta di lapangan terhadap kejadian tertentu.

10 Contoh Teks Nonfiksi Berbagai Tema Beserta Strukturnya

1. Contoh Teks Nonfiksi tentang Green Canyon


Orientasi:

Green Canyon merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Pangandaran, Jawa Barat. Masyarakat Jawa Barat biasanya menyebut Green Canyon menjadi Cukang Taneuh atau dalam bahasa Sunda berarti jembatan tanah. Nama ini berasal dari jembatan alami yang menghubungkan dua tebing sungai.

Urutan Kejadian:

Green Canyon menyuguhkan pemandangan dua tebing yang berwarna kehijauan dan sungai yang berada tepat di bawahnya. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat pemandangan relief stalaktit.

Baca juga: Pengertian Teks Cerita Sejarah, Ciri, Struktur, dan Contohnya

Reorientasi:

Lokasi wisata ini masih terjaga akan kealamiannya dan tersedianya pemandu wisata siap menemani para pengunjung untuk berkeliling dan memberikan edukasi.

2. Contoh Teks Nonfiksi tentang Kapitan Pattimura


Orientasi:

Kapitan Pattimura merupakan salah satu tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia yang berasal dari Maluku. Nama asli Kapitan Pattimura yakni Thomas Matulessy.

Urutan Kejadian:

Thomas Matulessy dikenal akan perjuangannya dalam mengusir sistem monopoli perdagangan rempah-rempah yang terjadi di Maluku. Rupanya, Thomas dilahirkan dari keluarga bangsawan, tepatnya Kerajaan Sahulau. Ayahnya bernama Frens Matulessy sementara ibunya Fransina Silahoi.
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)