Apakah Lulusan SMA Nusantara Langsung Bisa Masuk Akmil atau Akpol? Begini Penjelasannya

Sabtu, 14 September 2024 - 08:30 WIB
loading...
Apakah Lulusan SMA Nusantara...
SMA Taruna Nusantara bukanlah sekolah kedinasan. Maka dari itu siswa lulus dari SMA ini tidak langsung diterima masuk Akmil atau Akpol. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Apakah lulusan SMA Nusantara langsung bisa masuk ke Akmil atau Akpol? Pertanyaan itu menggemuka menyusul adanya pernyataan Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto yang bakal mengambil empat lulusan SMA Taruna Nusantara sebagai menteri.

SMA Taruna Nusantara dikenal sebagai salah satu SMA unggulan. Karenanya SMA yang berada di Magelang Jawa Tengah itu juga terkenal memiliki sistem militer dalam proses belajarnya. Karena itu, SMA ini sering dipilih siswa yang ingin lolos Akademi Militer (Akmil) ataupun Akademi Polisi (Akpol). Jadi bisakah luluan SMA Nusantara langsung bisa masuk Akmil atau Akpol? Artikel kali ini akan menjawabnya, simak ya!

Lulusan SMA Taruna Nusantara Bisa Langsung Masuk Akmil/Akpol?


Sebelum siswa SMP menentukan pilihan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, ada baiknya mengetahui dulu profil SMA Taruna Nusantara Magelang ini. SMA ini dicetuskan oleh Menteri Pertahanan dan Keamanan Jenderal LB Moerdani tahun 1985 dan berdiri pada tahun 1990.

Dulu hanya menerima siswa laki-laki saja. Barulah mulai tahun 1996, mulai menerima siswa perempuan. Jadi karena dibangun orang-orang dari kalangan militer, banyak lulusannya yang akhirnya memutuskan berkarier di bidang militer dan kepolisian.

Tetapi, SMA Taruna Nusantara bukanlah sekolah kedinasan. Sehingga, setelah lulus dari sekolah ini siswa bisa memilih kariernya sendiri. Banyak lulusan SMA TN ini menjadi pebisnis, bergerak di bidang politik dan pemerintahan, dosen, guru besar, penulis, bahkan jurnalis.

Maka dari itu siswa lulus dari SMA ini tidak langsung diterima masuk Akmil atau Akpol. Hanya saja, karena sekolah ini berbasis militer maka bisa menjadi bekal untuk mengikuti seleksi Akmil atau Akpol.



Sehingga hal ini menjadi keuntungan bagi para siswa yang tertarik berkarier di militer ataupun kepolisian. Saat ini, selain di
Magelang ada enam lokasi SMA TN. Pembangunan itu disebut menghabiskan dana total mencapai Rp 1,4 triliun. SMA Taruna Nusantara Terintegrasi itu akan dibangun di lokasi ini:

Cimahi (Jawa Barat)

Malang (Jawa Timur)

Maros (Sulawesi Selatan)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1912 seconds (0.1#10.140)