5 Kampus yang Memiliki Fakultas Kedokteran Tertua di Indonesia, Ada Universitas Swasta

Senin, 16 September 2024 - 09:00 WIB
loading...
5 Kampus yang Memiliki...
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) saat ini tercatat menjadi jurusan kedokteran tertua di Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 kampus yang memiliki Fakultas Kedokteran tertua di Indonesia. Pendidikan Kedokteran menjadi salah satu jurusan kuliah yang selalu ramai peminatnya dari tahun ke tahun.

Selain menjadi prodi favorit, sejumlah kampus ternyata sudah membuka jurusan Kedokteran jauh sebelum jurusan ini banyak diminati seperti sekarang. Mengutip akun Instagram @smarteducafe, artikel kali ini akan membahas daftar universitas yang memiliki Fakultas Kedokteran tertua di Indonesia, simak ya!

5 Universitas yang Memiliki Fakultas Kedokteran Tertua di Indonesia


1. Universitas Indonesia (UI)

Kampus pertama yang memiliki Fakultas Kedokteran tertua di Indonesia yaitu Universitas Indonesia (UI). Fakultas Kedokteran UI didirikan pada tanggal 2 Februari 1950 dan memiliki reputasi kualitas akademik terbaik.

FK UI sendiri memiliki sejarah yang panjang dan telah melahirkan banyak dokter berkualitas serta berkontribusi signifikan dalam perkembangan dunia kesehatan di Indonesia.

2. Universitas Airlangga (Unair)


Fakultas Kedokteran (FK) Unair menjadi salah satu FK yang sudah ada sejak zaman penjajahan. Fakultas ini didirikan sejak tahun 1913 yang pada awalnya dinamakan Nederlandsch-Indische Artsen School (NIAS).


Fakultas Kedokteran Unair dikenal dengan kualitas pendidikan yang baik dan memiliki kontribusi dalam bidang kesehatan, terutama di wilayah Jawa Timur.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Fakultas Kedokteran UGM telah berdiri sejak tahun 1946 dan telah memiliki sejarah panjang sejak zaman penjajahan Belanda melalui STOVIA. FK UGM sendiri dikenal memiliki program pendidikan komprehensif dan riset yang unggul.

4. Universitas Islam Indonesia (UII)


Salah satu kampus yang memiliki Fakultas Kedokteran tertua di Indonesia yaitu Universitas Islam Indonesia (UII). Meskipun Fakultas Kedokteran UII lebih muda dibandingkan dengan tiga fakultas sebelumnya, namun FK UII memiliki karakteristik keislaman dan turut berperan dalam mencetak dokter-dokter berkualitas.

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)


Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) menjadi salah satu fakultas kedokteran tertua yang ada di Indonesia.
FK UNS sendiri mulai didirikan sejak 11 Januari 1976 dan hingga saat ini memiliki banyak peminatnya.

Selain itu, Fakultas Kedokteran UNS juga terus berkembang dan berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang kesehatan khususnya di wilayah Jawa Tengah.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4529 seconds (0.1#10.140)