UNJ Wisuda 3.906 Mahasiswa, Rektor: Selamat Berjuang di Masyarakat

Rabu, 18 September 2024 - 15:32 WIB
loading...
UNJ Wisuda 3.906 Mahasiswa,...
Sebanyak 3.906 mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjalani wisuda pada proses Wisuda Tahun Akademik 2023/2024 di Sentul International Convention Center (SICC), Rabu (18/9/2024). Foto/UNJ.
A A A
JAKARTA - Sebanyak 3.906 mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjalani wisuda pada prosesi Wisuda Tahun Akademik 2023/2024 di Sentul International Convention Center (SICC), Rabu (18/9/2024). Para lulusan berasal dari Program Sarjana Terapan, Sarjana, Magister, hingga Doktoral.

Dengan rincian lulusan, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dengan 653 wisudawan, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) 375 wisudawan, Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) 470 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) 588 wisudawan, Fakultas Teknik (FT) 628 wisudawan, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) 255 wisudawan, Fakultas Ekonomi (FE) 624 wisudawan, Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi)142 wisudawan, dan Program Pascasarjana dengan 171 wisudawan.

Baca juga: Unik! Wisuda Mahasiswa UMY Diwarnai Kampanye Berjilbab Tetap Berprestasi

Dalam kesempatan ini, Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ dalam pidatonya mengucapkan selamat kepada para Wisudawan Tahun Akademik 2023/2024. “Ucapan selamat Saya sampaikan untuk para orang tua, wali, serta keluarga wisudawan atas keberhasilan yang diraih oleh putra putri atau suami atau istri Bapak/Ibu sekalian,” katanya, melalui siaran pers, Rabu (18/9/2024).

Rektor pun berharap, agar lulusan UNJ dapat mengamalkan ilmu yang dimiliki, menapaki karier, dan kembali ke tengah masyarakat, serta memberikan kontribusi yang terbaik untuk bangsa dan negara. “Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa mengabulkan harapan dan doa kita semua. Aamiin, “ ucap Prof. Komarudin.

Baca juga: 545 Lulusan UAI Siap Berkarya, Rektor Beri Pesan Inspiratif

Dia juga menyampaikan selamat berjuang di masyarakat, selamat bekerja keras dan cerdas, selamat berproses menapaki jejak-jejak kehidupan kepada para lulusan. Tidak lupa ia meminta kepada seluruh lulusan untuk menjaga selalu almamater UNJ di mana pun berada.

“Terakhir, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh sivitas akademika yang telah bersinergi, bekerja keras, dan bekerja cerdas untuk membangun UNJ hingga saat ini sebagai PTNBH,” tuturnya.

Prof. Komarudin menyampaikan, pada 14 Agustus 2024 lalu telah keluar Peraturan Pemerintah No. 31 Tahun 2024 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) UNJ. Artinya sejak tanggal tersebut UNJ resmi bertransformasi dari Perguruan Tinggi BLU ke PTNBH.

Sebagai PTNBH, UNJ mengemban dua misi sekaligus yakni sebagai institusi pengetahuan-kebudayaan yang membangun peradaban dan sebagai institusi otonom yang diharapkan mampu mendorong hilirisasi ilmu pengetahuan dan hasil riset untuk mencapai kemandirian. Manfaat utama dari hilirisasi ini adalah penguatan daya saing sektor-sektor ekonomi/industri, melalui knowledge-based innovation.

Baca juga: Saleh Husin Diwisuda Bersama Ribuan Wisudawan Universitas Indonesia

Rektor UNJ menambahkan dengan status PTNBH UNJ maka ini menjadi momentum untuk mencapai kemandirian kampus melalui optimalisasi aset, unit-unit bisnis, perluasan jaringan kerja sama, meningkatkan kapasitas dosen, pegawai, dan mahasiswa yang memberikan kontribusi pada pendapatan kampus.

Untuk mewujudkan hal ini, UNJ harus menyiapkan ritme dan irama kerja sebagai PTNBH dengan menciptakan Budaya Kerja Baru yang menghadirkan, kepemimpinan transformatif-kolaboratif, profesionalisme kerja, lingkungan kerja yang kondusif dan dinamis, rasa memiliki yang tinggi (corporate spirit) pada UNJ, transformasi organisasi, budaya, dan mindset seluruh sivitas UNJ, dan sistem ‘reward and punishment’ yang tegas.

Menurut Prof. Komarudin, dari enam Budaya Kerja Baru ini, kepemimpinan transformatif-kolaboratif merupakan unsur utama dalam mewujudkan Budaya Kerja Baru.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)