Semuanya Dekan, Ini Profil Pendidikan 3 Nama yang Lolos Calon Rektor UI 2024-2029

Jum'at, 20 September 2024 - 12:43 WIB
loading...
Semuanya Dekan, Ini...
Berikut ini profil pendidikan tiga nama yang akhirnya lolos penjaringan calon rektor UI periode 2024-2029. Foto/UI.
A A A
JAKARTA - Ada tiga nama yang akhirnya lolos penjaringan calon rektor UI periode 2024-2029. Berikut ini riwayat pendidikan ketiga calon rektor UI tersebut.

Tiga calon yang melaju ke tahap selanjutnya adalah (urutan sesuai abjad) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, FACG (Fakultas Kedokteran UI); Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU (Fakultas Teknik UI); dan Teguh Dartanto, Ph.D. (Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI).

Baca juga: Lowongan Rektor UI, Ini 7 Kandidatnya untuk Periode 2024-2029

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini riwayat pendidikan tiga calon rektor UI periode 2024-2029.

3 Calon Rektor UI Periode 2024-2029

1. Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam


Ari Fahrial Syam adalah Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). Ia dikenal sebagai dokter Spesialis Penyakit Dalam-Gastroenterologi Hepatologi.

Ari Fahrial Syam lahir di Jakarta, 19 Juni 1966 yang meraih gelar dokter umum di FKUI pada tahun 1990. Kemudian pada tahun 2020 ia menyelesaikan pendidikan spesialisnya di bidang Ilmu Penyakit Dalam dan menjadi Konsultan Gastroentologi Hepatologi dari Kolegium PB-PAPDI pada 2005.

Baca juga: UI Mencari Rektor Baru, Panitia: Tidak Ada Istilah Orang Dalam Orang Luar

Lulusan program Doktor Ilmu Biomedik FKUI ini pada tahun 1999 mengikuti pendidkan Postgraduate Diploma in Science in Molecular Biology di University of Queensland, Australia. Di universitas yang sama, Ari meraih gelar Master of Molecular Biology.

Anggota Perkumpulan Gastroenterologi Indonesia (PGI) ini visi misinya menjadi calon rektor UI 2024-2029 dalam program 100 hari kerja pertamanya akan meluncurkan program riset multidisiplin juga penyerapan aspirasi seluruh stakeholders UI.

Ia juga akan mengembangkan blueprint pengabdian masyarakat, penyusunan jenjang karier untuk dosen dan tenaga kependidikan (tendik), manajemen dokumen dan arsip elektronik, penyusunan strategi komunikasi dan branding internasional, dan penerapan tata kelola keuangan yang transparan dan efisien.

2. Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah


Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah adalah Dekan Fakultas Teknik UI. Guru Besar FTUI itu lahir di Sukabumi, Jawa Barat pada 18 Januari 1976. Rekam jejak menjadi akademisi berprestasi di Tri Dharma mengantarkan Heri menjadi Guru Besar termuda FTUI pada 2013 di usia 37 tahun.

Heri Hermansyah adalah alumnus FTUI di jurusan Teknik Gas dan Petrokimia pada 1994-1998. Heri termasuk mahasiswa aktif berprestasi. Jejeran prestasi yang ia raih semasa kuliah seperti Mahasiswa Berprestasi UI Bidang Penalaran (1997), Mahasiswa Terbaik TGP FTUI selama 3 tahun berturut-turut pada tahun 1995 - 1997.

Baca juga: Harus Bergelar Doktor, Ini Tahapan Pemilihan Bakal Calon Rektor UI 2024-2029

Mantan Ketua Prodi Teknik Bioproses dan Kepala Riset Grup Rekayasa Industri Bioproses ini juga meraih penghargaan Third Winner di Society Petroleum Engineer (SPE) Student Paper Contest (1997).

Setelah mengabdi sebagai dosen, Profesor Heri memperdalam keilmuan Teknik Kimia di Tohoku University, Japan dengan mendapatkan Master’s Scholarship dari Panasonic (2000-2003) dan PhD Scholarships dari Hitachi (2003-2006).

Dalam lima tahun ke depan, ia menawarkan 5 strategi yang diturunkan menjadi 15 program unggulan. Strategi tersebut, di antaranya empowering entrepreneurship, improving education access and quality, dan impactful research-innovation-community engagement (RICE), dan lainnya.

3. Teguh Danarto


Teguh Dartanto saat ini merupakan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia. Spesialisasinya adalah pada bidang analisis kemiskinan, ekonomi pembangunan, general equilibrium terapan, dan mikroekonometri.

Beberapa dari hasil penelitiannya telah dipublikasikan pada jurnal-jurnal yang bereputasi tinggi seperti Energy Policy, Bulletin of Indonesian Economic Studies, the Singapore Economic Review, dan Margin-Journal of Applied Economics.

Ahli dalam bidang econometric modelling dan urban and regional economic analysis ini memperoleh gelar Sarjana Ekonomi pada 2002 dari UI, selanjutnya gelar Master of Economics pada tahun 2009 dari Hitotsubashi University dan gelar Doctor of Philosophy in International Development (Ph,D) dari Nagoya University pada 2012 lalu.

Selanjutnya, dengan mengusung tema “Membangun UI yang Inklusif, Relevan, Bereputasi, dan Berkelanjutan”, Teguh menyampaikan sembilan rencana strategis pengembangan UI dan sembilan program kerja unggulan.

Namun dalam paparannya tersebut, Teguh fokus pada lima hal utama, yaitu perubahan organisasi dan tata kelola; pengelolaan keuangan, dana abadi dan creative financing; dialog bersama rektor dan pengembangan mahasiswa; kesejahteraan dosen dan tendik; dan pengembangan sistem/teknologi informasi dengan HATI (Hamdal, Aman, Terintegrasi, dan Interoperabilitas).

Demikian riwayat pendidikan tiga nama yang lolos calon rektor UI periode 2024-2029. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)