Mengenal Metode Penelitian Kuantitatif, Jenis, Tahapan, dan Contohnya, Mahasiswa Wajib Tahu

Sabtu, 21 September 2024 - 06:57 WIB
loading...
Mengenal Metode Penelitian...
Secara umum penelitian kuantitatif dapat disimpulkan sebagai sebuah metode penelitian dengan menggunakan angka yang telah dikumpulkan untuk kemudian menganalisis data. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini pengertian metode penelitian kuantitatif, jenis, tahapan, dan contohnya yang perlu diketahui para mahasiswa, akademisi maupun peneliti.

Ketika melakukan sebuah penelitian maka seorang peneliti harus menentukan metode kuantitatif atau kualitatif. Jika data berupa angka maka metode yang tepat untuk digunakan berupa kuantitatif. Artikel kali ini akan membahas mengenai jenis, tahapan dan contoh penelitian kuantitatif, simak ya!

Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif


Dalam buku Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D serta buku Metodologi Penelitian Kuantitatif dijelaskan pengertian metode penelitian ini sebagai berikut.

John W Creswell : Metode penelitian kuantitatif adalah suatu metode penelitian untuk meneliti masalah sosial dengan menguji sebuah teori dengan cara mengukur berbagai variabel menggunakan angka dan menganalisisnya secara statistik. Tujuan menggunakan metode ini dalam penelitian untuk mengetahui apakah teori tersebut benar dan bisa diterapkan secara umum.

Menurut Sugiyono dalam buku Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, metode penelitian kuantitatif adalah penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.

Dari pendapat dua hali di atas, secara umum penelitian kuantitatif dapat disimpulkan sebagai sebuah metode penelitian yang menggunakan angka yang telah dikumpulkan untuk kemudian menganalisis data.

Tujuan menggunakan metode ini untuk menguji teori atau hipotesis yang digunakan apakah bisa diterapkan secara luas. Data yang dikumpulkan menggunakan alat khusus dan dianalisis dengan metode statistika.


Jenis Metode Penelitian Kuantitatif


Menurut Imam Santoso dan Harries Madiistriyatno dalam buku Metodologi Penelitian Kuantitatif, jenis atau macam metode penelitian kuantitatif terdiri atas deskriptif, korelasi, komparatif, kausal komparatif, survei, inferensial, dan eksperimen

1. Deskriptif


Metode deskriptif merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menjelaskan kondisi atau situasi yang sedang terjadi saat ini. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran yang jelas tentang keadaan suatu fenomena atau peristiwa yang sedang berlangsung pada saat penelitian dilakukan.

2. Korelasi
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3050 seconds (0.1#10.140)