UN Dihapus Bikin Sulit Kuliah ke Eropa, Kemendikbud: di Australia Bisa Langsung Daftar

Kamis, 26 September 2024 - 12:35 WIB
loading...
UN Dihapus Bikin Sulit...
Kepala BSKAP Kemendikbudristek menanggapi isu UN yang dihapus membuat kampus di Eropa sulit ditembus. Foto/The University of Melbourne.
A A A
JAKARTA - Kepala BSKAP Kemendikbudristek menanggapi isu UN yang dihapus membuat lulusan Indonesia sulit kuliah di Eopa. Ternyata beda kondisinya dengan Australia yang mengakui lulusan Kurikulum Merdeka.

Sebelumnya diberitakan, Konten Kreator Irwan Prasetiyo melalui akun Instagramnya mengungkapkan, kebijakan penghapusan Ujian Nasional (UN) menyebabkan beberapa universitas di Belanda dan Jerman tidak mau lagi menerima lulusan dari Indonesia secara langsung.

Baca juga: UN Dihapus, Lulusan Indonesia Disebut Susah Masuk Kampus Belanda dan Jerman

University of Twente , salah satu kampus di Belanda yang terang-terangan tidak mau menerima lulusan Indonesia secara langsung sejak tahun 2020 lalu. Alasannya karena tingkat pendidikan SMA di Indonesia dianggap tidak setara dengan SMA di Belanda.

Karena dinilai tidak setara kualitasnya, lulusan Indonesia pun dinilai lebih cocok untuk mendaftar ke hogeschool atau university of applied science-institusi pendidikan yang fokus pada keterampilan praktis daripada penelitian akademik.

Baca juga: Profil University of Twente, Kampus Belanda Tak Lagi Terima Lulusan Indonesia Usai UN Dihapus

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Anindito Aditomo mengatakan, setelah UN dihapus ada perguruan tinggi seperti University of Melbourne yang menyimpulkan bahwa capaian dalam Kurikulum Merdeka setara dengan capaian di kurikulum Australia .

"Dengan begitu murid lulusan Kurikulum Merdeka bisa langsung mendaftar (direct entry) ke Melbourne University tanpa mengikuti persiapan pra-kuliah lagi," katanya, dikutip dari Instagram pribadinya @ninoaditomo, Kamis (26/9/2024).

Baca juga: Lanjut Studi ke Eropa? Ini 5 Jenis Beasiswa Full Funded ke Jerman

Menurut Nino, panggilan akrabnya, dia memahami jika masih ada perguruan tinggi luar negeri yang memerlukan hasil tes terstandar. Dia menjelaskan, jika memang demikian hasil tes tersebut bisa didapat dari tes Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPNMB).

Nino pun menerangkan, Kemendikbduristek akan terus melakukan sosialisasi mengeai seleksi masuk PTN di Indonesia tersebut ke luar negeri, salah satunya melalui Atase Pendidikan.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)