Riwayat Pendidikan Tia Rahmania, Dipecat PDIP Batal Jadi Anggota DPR

Jum'at, 27 September 2024 - 08:40 WIB
loading...
Riwayat Pendidikan Tia...
Ini riwayat pendidikan Tia Rahmania, Caleg Terpilih 2024 yang mendadak jadi perhatian publik karena dipecat PDIP. Foto/Instagram @tiarahmania_bantenofficial.
A A A
JAKARTA - Ini riwayat pendidikan Tia Rahmania , Caleg Terpilih 2024 yang mendadak jadi perhatian publik karena dipecat oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Kondisi tersebut membuatnya gagal melenggang ke Senayan sebagai Anggota DPR.

Diketahui, sebelumnya Tia Rahmania viral di media sosial saat menghadiri acara di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) pada Minggu (22/9/2024). Pada satu kesempatan, ia kedapatan memotong materi isu korupsi yang disampaikan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron.

Baca juga: Caleg Terpilih Tia Rahmania yang Dipecat PDIP Sebelumnya Viral Permalukan Nurul Ghufron KPK

Alasannya, Tia mengaku sempat kesal dan pusing mendengar penjelasan Nurul Ghufron yang menjadi pemateri. Tak hanya itu, ia juga menyinggung masalah Nurul Ghufron yang bisa lolos di Dewas.

"Korupsi itu intinya etika dan moral Pak. Saya adalah salah satu dosen antikorupsi. Terima kasih Pak karena Pak Ghufron sendiri yang membuka. Mohon ini masukan bagi panitia Lemhannas kalau bisa cari pematerinya yang memberikan nilai-nilai baik," kata Tia menutup protesnya sambil keluar ruangan.

Baca juga: Tia Rahmania yang Dipecat PDIP adalah Dosen Psikologi, Ini Jejak Pendidikannya

Viralnya Tia menginterupsi Ghufron diikuti dengan kabar pemecatan dirinya oleh PDIP sehingga ia pun batal melaju ke Senayan. Namun PDIP melalui Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Syaiful Hidayat membantah natasi pencopotan Tia karena imbas mengkritisi Nurul Ghufron.

Djarot menyatakan, pencopotan Tia karena adanya gugatan perselisihan hasil suara yang ditangani di internal PDI Perjuangan melalui Panitera Mahkamah Partai.

Baca juga: PDIP Tegaskan Pemberhentian Tia Rahmania Tak Terkait Kritik ke Nurul Ghufron KPK

Setelah viralnya aksi itu, tak sedikit orang yang penasaran mengenai latar belakang Tia Rahmania, termasuk riwayat pendidikannya. Untuk itu, simak ulasannya berikut ini.

Riwayat Pendidikan Tia Rahmania


Tia Rahmania lahir di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 3 Maret 1979. Selain menjadi politisi, ia juga dikenal sebagai sivitas akademika Universitas Paramadina.

Dirangkum dari berbagai sumber, Tia memiliki riwayat pendidikan yang cukup menarik. Tak tanggung-tanggung, ia pernah menjadi bagian dari kampus ternama di Tanah Air.

Saat kecil, Tia menamatkan pendidikan dasar di SDN Langkai 12. Lalu, ia melanjutkan sekolah di SMPN 2 dan SMA Negeri 2 Palangkaraya.

Lulus SMA, Tia hijrah ke Jakarta untuk menjalani kuliah. Ia menamatkan pendidikan S-1 dan S-2 Psikologi di Universitas Indonesia pada 2001 dan 2004.

Setelah lulus, Tia menekuni dunia akademisi sebagai dosen. Tercatat, ia menjadi bagian program studi psikologi Universitas Paramadina sejak 2009.

Kemudian, Tia juga memutuskan masuk politik dengan bergabung ke PDIP. Pada Pileg 2024, ia terpilih setelah maju dari daerah pemilihan Banten 1 meliputi Pandeglang dan Lebak.

Akan tetapi, PDIP menyatakan telah memecat Tia dari keanggotaan partai dan menyampaikan pemberitahuan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Artinya, ia akan gagal melenggang ke Senayan sebagai Anggota DPR.

Itulah sedikit ulasan mengenai riwayat pendidikan Tia Rahmania , caleg PDIP yang dipecat sehingga batal menjadi anggota DPR . Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)