Program UI Incubate Dukung Inovasi Pebisnis Muda

Selasa, 01 Oktober 2024 - 15:34 WIB
loading...
Program UI Incubate...
UI Incubate adalah salah satu program yang diadakan DISTP UI untuk membantu para startup binaannya dalam pengembangan product. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - UI Incubate adalah salah satu program yang diadakan Direktorat Inovasi dan Science Techno Park Universitas Indonesia (DISTP UI) untuk membantu para start-up binaannya dalam pengembangan product. Program ini diikuti oleh lebih dari 40 startup dari berbagai bidang, mulai dari pangan, kesehatan, hingga agrikultur.

Program ini menjadi salah satu inisiatif utama DISTP UI dalam mendukung ekosistem kewirausahaan yang kompetitif dan sesuai dengan kebutuhan pasar sekarang.

Sejak bulan Februari tahun 2023 hingga saat ini, dibimbing.id telah dipercaya sebagai penyelenggara pelatihan untuk 40+ startup binaan UI yang datang dari berbagai sektor, termasuk pangan, kesehatan, dan agrikultur.

Baca juga: Mahasiswa UI dan Esa Unggul Gelar Pengobatan Gratis kepada Masyarakat Cikeas Udik

Melalui layanan Campus Workshop yang komprehensif, dibimbing.id membawakan rangkaian pembelajaran bersama para mentor pilihan yang ahli di bidangnya.

Materi yang diajarkan mencakup berbagai topik penting dalam pengembangan produk dan bisnis yang terbagi menjadi 3 fase, yaitu, Product Solution Fit untuk materi Design thinking, User research, Ideation, Customer journey map, MVP Product dan Product metrics.

Kemudian, Product Market Fit untuk materi Finance management, Marketing strategy, Legal, dan Product Market Fit, dan Scale Up untuk materi Product Innovation, Scalability, dan Presentation skill.

Demi mendukung pembelajaran menjadi lebih optimal, peserta juga diminta untuk mengerjakan tugas terkait inovasi produk, user research, pengukuran product metrics, pengembangan MVP, hingga pembuatan pitch deck, yang dikerjakan melalui kolaborasi antar founder start-up.

Seperti inovasi yang dihasilkan oleh Laboratory Hub by Pharm Ex milik sekelompok mahasiswa UI dalam menyediakan layanan pengujian dan penyewaan alat laboratorium.

Selain itu, pada sesi terakhir dibimbing.id turut memberikan materi pelengkap berupa keterampilan presentasi yang meliputi Effective Communication, Team Collaboration, Negotiation and Persuasion, Visual Communication, dan Communication in a Multicultural Environment.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3314 seconds (0.1#10.140)