10 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia, Ini 5 Prospek Kerja Menjanjian Lulusannya

Rabu, 02 Oktober 2024 - 15:11 WIB
loading...
10 Universitas Jurusan...
Prospek kerja lulusannya yang diprediksi banyak dibutuhkan di masa depan menjadi salah satu faktor yang membuat jurusan teknik informatika favorit di mata calon mahasiswa. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 universitas dengan jurusan teknik informatika terbaik di Indonesia. Program studi Teknik Informatika menjadi salah satu jurusan Saintek yang banyak diminati calon mahasiswa.

Prospek kerja lulusannya yang diprediksi banyak dibutuhkan di masa depan menjadi salah satu faktor yang membuat jurusan teknk informatika favorit di mata calon mahasiswa. Artikel kali ini akan membahas 10 universitas dengan jurusan teknik informatika terbaik, simak ya!

10 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia


1. Institut Teknologi Bandung (ITB)


Jurusan teknik informatika di Institut Teknologi Bandung (ITB) sudah ada sejak tahun 1982.Selain memiliki program sarjana, ITB juga memiliki program Magister Teknik Informatika di bidang rekayasa perangkat lunak.

2. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)


Institut Teknologi 10 November (ITS) telah menyelenggarakan perkuliahan di bidang ilmu komputer sejak tahun 1985. Saat ini, Teknik Informatika di ITS mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

3. Universitas Hasanuddin (Unhas)


Salah satu Teknik Informatika terbaik di Indonesia bagian tengah ada di Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar yang sudah terakreditasi A dari BAN-PT. Salah satu jurusan ini juga menjadi salah satu yang terfavorit di kampus tersebut.

4. Universitas Sebelas Maret (UNS)


Jurusan Teknik Informatika di Universitas Sebelas Maret (UNS) masuk dalam Fakultas MIPA berdiri sejak tahun 2007.
Teknik Informatika ini juga telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

5. Universitas Telkom


Universitas Telkom sudah memiliki program S1 dan D3 Teknik Informatika. Keduanya telah ada sejak tahun 1993 dan mendapatkan peringkat A dari BAN-PT.


6. Universitas Islam Indonesia (UII)


Kampus yang berada di Sleman Yogyakarta ini memiliki jurusan Teknik Informatika. Hal tersebut dibuktikan dengan akreditasi A dari BAN-PT.

7. Universitas Bina Nusantara (Binus University)


Universitas Bina Nusantara (Binus University) juga memiliki program studi Teknik Informatika yang sudah terakreditasi A dari BAN-PT. Salah satu kampus ini juga menawarkan program perkuliahan secara online untuk para mahasiswanya.

8. Universitas Negeri Padang (UNP)


Di pulau Sumatera, salah satu kampus dengan Teknik Informatika terbaik ada di Universitas Negeri Padang yang didirikan 2017.Lalu Program Studi (Prodi) ini telah berhasil mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

9. Universitas Udayana (Unud)


Universitas yang berada di pulau dewata Bali ini juga sudah memiliki Prodi Teknik Informatika terbaik. Meskipun Prodi ini belum mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Perkuliahan yang ditawarkan oleh Universitas Udayana ini tidak kalah dengan kampus lainnya.

10. Universitas Atma Jaya Yogyakarta


Perguruan tinggi swasta yang terletak di Yogyakarta ini memiliki Prodi Teknik Informatika dengan akreditasi A dari BAN-PT.

5 Prospek Menjanjikan Lulusan Teknik Informatika


1. Pengembangan Aplikasi Mobile


Prospek kerja untuk lulusan dari jurusan Teknik Informatika yang menjanjikan di masa depan yaitu Pengembang Aplikasi Mobile.
Semakin berkembanganya teknologi smartphone, banyak perusahaan yang membutuhkan pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi mereka. Maka tak heran apabila lulusan dari jurusan kuliah ini sangatlah dibutuhkan di masa depan.

2. Pengembang Perangkat Lunak


Prospek kerja untuk lulusan dari jurusan Teknik Informatika yang menjanjikan di masa depan yaitu Pengembang Perangkat Lunak. Seorang Pengembang Perangkat Lunak akan bertanggung jawab untuk membuat, menguji dan memelihara perangkat lunak.

3. Ahli Keamanan Siber


Ahli keamanan siber akan bertanggung jawab untuk mengamankan jaringan komputer dan data dari serangan siber. Mereka harus memahami cara kerja teknologi komputer dan jaringan serta metode yang digunakan oleh penyerang siber.

4. Ahli Jaringan


Seorang Ahli Jaringan akan bertanggung jawab untuk membangun, mengelola, dan memelihara jaringan komputer dan jaringan nirkabel. Mereka juga nantinya akan bertanggung jawab untuk mengatasi masalah jaringan dan memastikan bahwa jaringan berjalan dengan lancar.

5. Analisis Data


Analisis Data menjadi salah satu prospek kerja yang tersedia untuk lulusan dari jurusan Teknik Informatika. Seorang Analisis Data bertanggung jawab untuk menganalisis data yang tersedia, mengidentifikasi masalah dan menyarankan cara untuk memecahkan masalah tersebut.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4704 seconds (0.1#10.140)