10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi dengan Struktur yang Singkat dan Jelas

Minggu, 06 Oktober 2024 - 11:51 WIB
loading...
10 Contoh Teks Laporan...
Teks laporan hasil observasi merupakan laporan yang berisi hasil pengamatan dari lapangan yang dijabarkan secara umum. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Teks laporan hasil observasi merupakan laporan yang berisi hasil pengamatan dari lapangan yang dijabarkan secara umum. Berikut 10 contoh teks laporan yang singkat dan jelas.

Pengamatan teks laporan hasil observasi ini didasarkan dari beberapa tahap yang dilakukan yaitu menentukan objek yang diteliti, menentukan jadwal observasi, melakukan observasi, mencatat berbagai hal saat melakukan observasi, hingga membuat laporan hasil observasi

Baca juga: Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi, Beserta Struktur dan 10 Contohnya

Tujuan dari observasi tentunya untuk memberikan informasi secara terperinci, menyimpulkan dan menulis informasi secara aktual tentang apa yang ada di lapangan sesuai bahan yang kita teliti. Laporan hasil observasi ditulis dengan terstruktur agar mudah di pahami saat dibaca.

Berikut Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

1. Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan Burung Cendrawasih


Pernyataan Umum

Burung Cendrawasih adalah burung yang memiliki bulu yang indah, terutama pada burung jantan memiliki bulu panjang dan berwarna cerah. Burung ini memiliki bulu mendominasi berwarna coklat, kuning dan putih di bagian ekornya, serta kuning dan hijau di bagian sekitar kepala dan lehernya.

Deskripsi Bagian

Secara fisik burung ini memiliki ukuran yang cukup besar dari burung biasanya. Ukurannya mulai dari 15 cm sampai 110 cm dan memiliki berat badan 50 gram sampai 450 gram tergantung spesiesnya.

Baca juga: 5 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan Lengkap Sesuai Struktur Penulisan

Cendrawasih merupakan hewan pemakan buah-buahan dan arthropoda, mereka sering memakan hewan-hewan kecil seperti serangga. Burung jantang terkenal dengan bulunya yang indah dan sering terbang tinggi serta mengeluarkan suara yang merdu, selain itu jantan juga akan melakukan tarian untuk menarik perhatian betina.

Deskripsi Manfaat
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1778 seconds (0.1#10.140)