Lewat Menggambar, Anak Dapat Latihan Keterampilan Hidup dan Kreativitas Sejak Dini

Senin, 28 Oktober 2024 - 18:56 WIB
loading...
Lewat Menggambar, Anak...
Pelepasan pemenang Lomba Faber-Castell Family Art Competitions 2023/2024 bersama Widyaprada Ahli Utama Kemendikdasmen, Jumeri di Kantor Kemendikdasmen, Senin (28/10/2024). Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Menggambar sering dianggap sekadar kegiatan seni bagi anak-anak. Namun, menurut Yandramin Halim, Managing Director PT Faber-Castell International Indonesia, kegiatan menggambar dan mewarnai sebenarnya memiliki dampak yang jauh lebih luas.

Menggambar dan juga mewarnai mengasah kreativitas hingga melatih berbagai keterampilan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja di masa depan.

Hal ini juga menjadi latar belakang Faber-Castell mengadakan lomba "Family Art Competition," sebuah ajang untuk mendorong kreativitas anak-anak melalui seni.

Baca juga: Mendikdasmen Abdul Mu'ti: Sumpah Pemuda Tonggak Penting dalam Perjuangan Indonesia Meraih Kemerdekaan

Menurut Yandramin, menggambar mirip dengan olahraga yoga yang awalnya merupakan ritual keagamaan, namun kemudian dikenal luas karena manfaat kesehatannya.

"Menggambar dan mewarnai juga tak harus dilihat dari sisi seninya saja. Banyak keterampilan mental yang bisa dilatih dari kegiatan ini," ujarnya, di sela pelepasan pemenang Lomba Faber-Castell Family Art Competitions 2023/2024 bersama Widyaprada Ahli Utama Kemendikdasmen, Jumeri di Kantor Kemendikdasmen, Senin (28/10/2024).

Ia menekankan bahwa menggambar mampu melatih kedisiplinan, terutama ketika anak-anak belajar untuk merapikan alat gambar mereka setelah selesai berkarya. Aktivitas ini melibatkan tanggung jawab, kebiasaan yang baik, dan kemandirian.

Selain itu, imajinasi anak-anak semakin diasah melalui menggambar. Yandramin memberikan contoh, seorang dokter yang mampu menjelaskan kondisi medis dengan ilustrasi akan lebih mudah menjembatani komunikasi dengan pasiennya. Tidak hanya di bidang medis, keterampilan visual ini juga bermanfaat bagi profesi lain, seperti wartawan, pebisnis, atau profesi apa pun yang membutuhkan penyampaian informasi yang efektif.

Melalui lomba menggambar ini, Faber-Castell berharap semakin banyak orang tua yang memahami bahwa menggambar dan mewarnai bukan hanya kegiatan yang menyenangkan, tetapi juga sarana pendidikan yang kaya manfaat dan terjangkau.

Di sisi lain, PT Faber-Castell Indonesia kembali menggelar lomba menggambar "Family Art Competition," yang tak hanya bertujuan mendorong kreativitas anak, tetapi juga mempererat hubungan orang tua dan anak melalui waktu berkualitas bersama. Yandramin menjelaskan bahwa lomba ini memiliki dua dasar utama, yakni peran penting orang tua dalam pendidikan anak dan penciptaan momen-momen berharga.

Menurut Yandramin, peran orang tua tidak terbatas pada dukungan material, tetapi juga hadir secara langsung dalam proses perkembangan anak, terutama di luar pendidikan formal.

"Sebagian besar waktu anak dihabiskan di rumah. Jadi, orang tua sebaiknya meluangkan waktu bersama anak untuk membangun ikatan yang lebih erat, bukan sekadar menonton bersama, tapi betul-betul menciptakan momen kebersamaan yang bermakna," ujarnya.

Kegiatan menggambar bersama dalam lomba ini diharapkan menjadi kesempatan bagi keluarga untuk bekerja sebagai tim, menghabiskan waktu berkualitas, dan menciptakan kenangan indah yang akan terus dikenang oleh anak saat mereka tumbuh dewasa.

Yandramin menyebut bahwa momen kebersamaan ini penting karena waktu tidak dapat diulang. Ia menambahkan, "Ketika anak beranjak dewasa, kenangan saat-saat kebersamaan ini akan menjadi katalis yang memperkuat hubungan mereka dengan orang tua."

Selain itu, Yandramin berharap lomba ini menjadi pengingat bagi orang tua untuk menyimpan momen berharga, seperti foto keluarga saat lomba. Kenangan semacam ini, menurutnya, memiliki nilai yang tak ternilai, baik bagi anak-anak yang tumbuh dewasa maupun bagi orang tua yang akan merasakan ikatan lebih erat dengan anak-anak mereka.

"Inilah yang kami coba ciptakan melalui kegiatan ini, menjadikan menggambar bukan hanya kegiatan seni, tetapi juga sarana untuk membangun hubungan yang lebih dalam," pungkasnya.

5 siswa terpilih menjadi pemenang utama dari kegiatan Faber-Castell Family Art Competitions 2023/2024 yang diadakan oleh produsen alat tulis terbesar dan tertua di dunia, Faber-Castell. Dalam penyelenggaraannya, kegiatan ini telah diikuti oleh peserta 34.146 peserta yang berasal dari 35 kota di Indonesia.

Menurut Product Manager PT Faber-Castell International Indonesia Richard Panelewen, para pemenang ini memperoleh hadiah utama yakni berwisata ke Hongkong yang akan dilaksanakan pada 29 Oktober - 1 November 2024, dengan terlebih dahulu mengikuti kegiatan pelepasan oleh Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah yang diterima langsung oleh Widyaprada Ahli Utama Kemendikdasmen Jumeri.

Sementara itu, para pemenang juga akan di dampingi 1 orang tua/wali, ini tentunya akan menjadi momentum yang sangat baik bagi hubungan anak dan orang tua, dimana kali ini anak yang mengajak orang tua berlibur, dimana hadiah tersebut diperoleh dari kreativitas si anak.

Sebelumnya, Richard menjelaskan bahwa proses seleksi para pemenang ini diawali dari seleksi lomba yang diadakan di kota masing-masing, lalu selanjutnya karya juara pertama per kota, kembali diseleksi hingga akhirnya di peroleh juara utama per area
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1431 seconds (0.1#10.140)