UPH Sediakan Beasiswa Penuh untuk Guru dan Perawat Profesional

Sabtu, 05 September 2020 - 18:13 WIB
loading...
UPH Sediakan Beasiswa Penuh untuk Guru dan Perawat Profesional
Universitas Pelita Harapan (UPH) menyediakan beasiswa untuk mencetak guru dan tenaga perawat profesional. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Universitas Pelita Harapan (UPH) menyediakan beasiswa penuh untuk mencetak guru dan tenaga perawat profesional yang siap ditempatkan di seluruh penjuru nusantara.

Rektor UPH Jonathan L. Parapak mengatakan, UPH memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Tidak hanya melalui layanan pendidikan yang bermutu namun juga menyediakan akses kepada anak berbakat namun tidak mampu untuk menempuh pendidikan tinggi melalui beasiswa. (Baca juga: Universitas Tarumanagara Kolaborasi dengan Pemda Sediakan Beasiswa )

Jonathan mengatakan, beasiswa yang disediakan UPH ada berbagai macam. Tetapi ada dua beasiswa yang menjadi fokus utama UPH yakni beasiswa guru dan tenaga perawat.

"Komitmen kami adalah mempersiapkan para profesional masa depan, calon pemimpin dan juga guru-guru berkualifikasi internasional yang mendidik di berbagai sekolah di seluruh nusantara," katanya melalui wawancara via daring dengan SINDONews, Sabtu (5/9).

Jonathan menjelaskan, beasiswa bagi guru ini akan diberikan kepada calon mahasiswa yang benar-benar memiliki panggilan jiwa untuk menjadi guru. Sebab, ketulusan hati untuk menjadi pendidik ini diperlukan karena mereka akan menyerap ilmu untuk mendidik generasi masa depan bangsa. (Baca juga: Riset Sejarah, 4 Mahasiswa Terima 'Professor Azyumardi Azra Scholarship' )

Beasiswa penuh kepada ribuan mahasiswa dari seluruh Indonesia yang dididik menjadi guru dan profesional, dalam rangka turut meningkatkan mutu pendidikan di daerah terluar. "Guru-guru ini mengajar di sekolah kita di Papua, Sangir, Rote, Nias dan sebagainya," jelasnya.

Dia menuturkan, untuk mencari calon guru profesional ini dia sampai menerjunkan tim ke pelosok tanah air. Hal ini dilakukan karena dia mengetahui banyak warga di pelosok yang masih sulit terjangkau informasi. Jonathan juga menuturkan, seleksi ketat melalui kemampuan akademik juga dilakukan dalam pemberian beasiswa guru ini.

Jonathan melanjutkan, beasiswa yang disediakan UPH yang lain ialah untuk mencetak tenaga perawat berkualifikasi tinggi yang bisa melayani di seluruh nusantara. Dia menjelaskan, lulusan perawat ini akan disalurkan ke seluruh Siloam Hospitals yang ada di seluruh Indonesia.

Masyarakat yang ingin mengakses informasi tentang program beasiswa UPH bisa mendapat informasi dari sekolah. Ataupun mengunjungi laman UPH di https://one.uph.edu/ atau melalui 08111.63.2838 (WA) atau uphkonsultasi1 (LINE).

Dari 30.000an wisudawan UPH sejak 1998, kurang lebih sekitar 20% nya adalah penerima beasiswa UPH. Setiap tahun ajaran ada sekitar 150-200 orang penerima beasiswa.

Untuk Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Keperawatan, ada sekitar 650-700 orang penerima beasiswa sampai saat ini.

UPH juga menyediakan 15-20 penerima Beasiswa Prestasi Olahraga setiap tahunnya. Selain itu, UPH juga memberikan Beasiswa Bantuan Finansial yang besarannya tergantung pada situasi dan mahasiswa yang membutuhkan.

Tahun ini UPH memberikan beasiwa yang lebih besar karena mereka juga menyediakan Beasiswa Admission Fee.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)