Universitas Tarumanagara Kolaborasi dengan Pemda Sediakan Beasiswa

Selasa, 01 September 2020 - 20:32 WIB
loading...
Universitas Tarumanagara Kolaborasi dengan Pemda Sediakan Beasiswa
Universitas Tarumanagara (Untar) berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk menyediakan program beasiswa. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Universitas Tarumanagara (Untar) berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk menyediakan program beasiswa. Rektor Untar Agustinus Purna Irawan mengatakan, saat ini Untar membangun kolaborasi dengan pemerintah daerah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan perekonomian daerah.

“Kami membangun kolaborasi dengan pemerintah daerah untuk pengembangan ekonomi, peningkatan gerakan ekonomi masyarakat dan juga menerima beasiswa pendidikan dari putra putri daerah ke Untar,” katanya di kampus Untar, Selasa (1/9). (Baca juga: Siap-siap, Pendaftaran Beasiswa LPDP akan Dibuka Maret 2021 )

Agustinus Purna Irawan kembali dilantik menjadi Rektor Untar untuk kedua kalinya untuk periode 2020-2024 pada Senin (31/8). Guru besar termuda Untar ini mengatakan, beasiswa yang diberikan untuk berbagai macam prodi. Dia menjelaskan, ada 16 prodi yang siap menampung para penerima beasiswa. Beberapa di antaranya ialah prodi kedokteran, perencanaan wilayah dan tehnik sipil.

Rektor terbaik PTS versi Kemenristekdikti 2019 ini mengatakan, masing-masing daerah memilih program studi yang dipilih oleh penerima beasiswa tergantung kebutuhan pengembangan wilayahnya. “Kita punya tagline Untar untuk Indonesia yang implementasinya banyak dilakukan diberbagai macam kegiatan,” katanya. (Baca juga: Mendikbud Ajak Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri Kembali Bangun Negeri )

Selain beasiswa dengan pemerintah daerah, katanya, Untar juga bekerjasama dengan perguruan tinggi lain yang ingin mengkuliahkan lagi dosennya di Untar. Dia mengatakan, Untar menyediakan harga khusus atau biaya terjangkau bagi dosen dan perguruan tinggi lain yang ingin meningkatkan kualitas SDM tenaga pengajarnya.

“Artinya Untar sebagai perguruan tinggi tidak hanya mengembangkan diri sendiri. Tapi juga berkontribusi meningkatkan kualitas SDM khususnya dosen dengan berikan biaya terjangkau bagi mereka dengan skema kolaborasi yang sudah kami siapkan,” jelasnya. (Baca juga: 3 Mahasiswa UNS Menangi Innovation Concrete Competition )

Agustinus menuturkan, pihaknya tidak hanya bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam penyediaan beasiswa. Namun juga perusahaan-perusahaan BUMN maupun BUMD serta perusahaan swasta. Bersama dengan perusahaan BUMN, jelasnya, saat ini kampusnya berkolaborasi untuk studi lanjut pegawai jenjang S2, S3 dan pendidikan profesi.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)