UT Kembangkan Berbagai Inovasi untuk Perkuliahan Jarak Jauh

Senin, 07 September 2020 - 15:36 WIB
loading...
UT Kembangkan Berbagai Inovasi untuk Perkuliahan Jarak Jauh
Universitas Terbuka (UT). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) mengembangkan berbagai inovasi untuk menunjang pendidikan jarak jauh (PJJ). Mengingat, UT merupakan satu-satunya universitas yang mengawali kuliah PJJ.

Rektor UT Ojat Darodjat meluncurkan berbagai terobosan dan inovasi tahun 2020. Di antaranya inovasi bahan ajar meliputi perubahan desain menjadi Bahan Ajar Interaktif dan perubahan kemasan Bahan Ajar Cetak dari ukuran A5 menjadi A4 Custom template In-Design. Inovasi berikutnya adalah modus pembelajaran berbasis web menjadi salah satu modus resmi layanan tutorial bagi mahasiswa UT. (Baca juga: Tingkatkan PJJ, Mendikbud ingin UT Kolaborasi dengan PT Lain )

Selain itu, ujar Ojat, inovasi lainnya yaitu penerapan intervensi belajar melalui Tugas Mata Kuliah (TMK) yang dilengkapi aplikasi TMK dimana mahasiswa dapat mengunduh dan mengunggah jawaban TMK secara online.

“Inovasi kami berikutnya adalah penerapan sistem ujian online berbasis web yang dilengkapi dengan aplikasi berbasis online proctoring dan semionline proctoring. Lalu ada pemeriksaan hasil jawaban ujian esai dan tugas secara online," katanya melalui siaran pers, Senin (7/9). (Baca juga: ITB Sediakan Beasiswa UKT bagi Mahasiswa Baru Jalur SM, Cek Link )

Selain itu, jelasnya, UT yang tahun ini merayakan ulang tahun ke 36 nya juga melakukan edukasi publik melalu seminar virtual yaitu Knowledge Sharing Forum (KSF) yang melibatkan narasumber dari dalam maupun luar negeri. Terobosan lainnya yang tidak kalah penting adalah pengembangan ProMISe atau Procurement Management Information System.

Menginjak usia ke-36, UT semakin matang melangkah dalam pengembangan Pendidikan Jarak Jauh. UT sekaligus menjadi pionir dalam penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) di Indonesia. (Baca juga: Kewalahan, Pemerintah Terjunkan Ribuan Mahasiswa ke Daerah Pedalaman )

Pengalaman yang telah dimiliki UT selama 36 tahun dalam pengembangan PTTJJ, memberikan kepercayaan bagi mitra baik di dalam negeri maupun luar negeri untuk tetap menjalin kerja. Dengan mengemban misi yang mulia yaitu pemerataan akses pendidikan tinggi, UT tidak hanya menjangkau mahasiswanya di seluruh pelosok Indonesia, tetapi juga menjangkau luas mahasiswa di luar negeri.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)