ITS Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Indonesia Versi THE WUR

Selasa, 08 September 2020 - 00:17 WIB
loading...
ITS Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Indonesia Versi THE WUR
ITS kembali masuk tiga besar kampus terbaik di tanah airversi THE World University Rankings 2021. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali masuk tiga besar kampus terbaik di tanah air. Mereka meraih peringkat tiga universitas terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan Times Higher Education (THE) World University Rankings 2021 (WUR).

Rulli Pratiwi Setiawan, Manajer Senior Urusan World Class University (WCU) ITS menuturkan, terdapat lima aspek utama yang menjadi kriteria penilaian THE WUR kali ini. Yakni teaching, research, citations, international outlook, dan industry income.

“Masing-masing aspek memiliki bobot 30 persen kecuali international outlook sebesar 7,5 persen dan industry income dengan bobot 2,5 persen,” kata Rulli, Senin (7/9/2020). (Baca juga: UB Masuk Peringkat 1000+ Terbaik Dunia Versi THE World University Rankings )

Ia melanjutkan, total skor yang diperoleh ITS pada THE WUR sebesar 19,20 dengan rincian 19,70 untuk teaching, 12,10 untuk research, 17,50 untuk citations, 38,20 untuk international outlook, serta 61,90 untuk industry income.

Rulli menambahkan, selain lima aspek utama, terdapat pula tiga aspek pendukung lainnya yang juga digunakan dalam penilaian THE WUR ini. Aspek yang pertama merupakan reputation survey yang dilakukan Elsevier atas nama THE.

Survei ini menjaring responden dengan mengambil data penulis dari Scopus yang didistribusikan secara acak oleh Elsevier. “Makanya bagi penulis yang mendapatkan survei ini sangat dianjurkan untuk mengisinya,” ungkapnya.

Aspek yang kedua adalah submitted data berupa data publikasi yang dimasukkan dari 2019. Dan aspek yang terakhir adalah Scopus Data yang mencakup seluruh publikasi yang dilakukan selama kurun waktu enam tahun serta yang telah mendapatkan sitasi selama lima tahun. (Baca juga: Telkom University Masuk Jajaran Perguruan Tinggi Terbaik Dunia )

Dosen Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITS ini membeberkan, jika dibandingkan dengan THE WUR tahun lalu, ITS masih berada di peringkat yang sama, yaitu peringkat 1001+ secara global dan peringkat tiga di tingkat nasional.

Menurut Rulli, masih banyak hal yang perlu ditingkatkan oleh ITS. Seperti pada aspek teaching yang masih mendapatkan kenaikan 0,1 dan research dengan kenaikannya sebesar 1,0. Oleh karena itu, kerja sama riset dan kolaborasi internasional yang dipimpin oleh Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS menjadi salah satu bagian penting untuk meningkatkan aspek tersebut.

Selain itu, kerja sama industri serta jumlah mahasiswa doktor dan gelar doktor juga akan dilakukan peningkatan. Upaya lain yang juga dilakukan adalah dengan menambahkan jumlah dosen dan mahasiswa internasional melalui berbagai program internasionalisasi.

Untuk mahasiswa, tersedia beberapa program mulai dari full-degree program, internship, short program, hingga workshop. “Salah satu program andalan ITS yang banyak mendatangkan mahasiswa asing adalah CommTECH,” katanya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1834 seconds (0.1#10.140)