63 Tahun Berdiri, Unpad Gencarkan Kontribusi di Kancah Nasional-Global

Jum'at, 11 September 2020 - 09:26 WIB
loading...
63 Tahun Berdiri, Unpad Gencarkan Kontribusi di Kancah Nasional-Global
Universitas Padjadjaran (Unpad) memasuki usia 63 tahun. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Hari ini, Jumat (11/9/3020), Universitas Padjadjaran (Unpad) memasuki usia 63 tahun. Puluhan tahun berdiri sebagai institusi pendidikan, Unpad senantiasa melakukan berbagai adaptasi sesuai kebutuhan zaman dalam semangat mengabdi pada masyarakat.

Rektor Unpad Prof Dr Rina Indiastuti mengatakan, salah satu hal yang menjadi sorotan dalam momentum Dies Natalis Unpad tahun ini adalah peningkatan rekognisi atau pengakuan kontribusi Unpad, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Hal ini telah terwujud ke dalam beberapa hal, salah satunya adalah masuknya Unpad dalam daftar the Times Higher Education World University Rankings atau THE WUR 2021 yang dirilis 2 September 2020 lalu. (Baca juga: Unpad Masuk Daftar Peringkat Universitas Terbaik Dunia )

Dalam pemeringkatan tersebut, hanya ada 9 perguruan tinggi Indonesia tembus ke dalam THE WUR dan Unpad berada dalam urutan ke-7. Hal ini merupakan awal dari perwujudan cita-cita Unpad menuju 500 kampus terbaik dunia.

"Pengakuan internasional ini merupakan hasil dari perbaikan kualitas proses, output, dan outcome yang terus meningkat yang diukur melalui peningkatan 5 indikator, yaitu teaching, international outlook, industry income, research, dan citation," papar Rina dalam sambutannya di puncak penyelenggaraan peringatan Dies Natalis Unpad ke-63, Jumat (11/9/2020).

"Apresiasi kami pada para rektor terdahulu yang telah meletakkan fondasi yang kuat, sehingga semakin banyak civitas akademika yang mampu meningkatkan kiprahnya di kancah dunia," paparnya. (Baca juga: Naik dari 24, Kini Unpad Masuk 10 Besar Peringkat Kemahasiswaan )

Unpad juga mengalami akselerasi peringkat dalam penilaian The Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2020 dengan berada di peringkat 101-200 dunia atau peringkat ke-4 secara nasional. Tahun sebelumnya, Unpad berada di peringkat 301+ dunia atau ke-6 secara nasional.

"THE Impact Rankings merupakan penilaian oleh lembaga yang kompeten atas kontribusi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat terhadap 17 indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) serta dampak yang dihasilkannya kepada masyarakat luas," katanya. (Baca juga: Disambut Rektor, 6.491 Mahasiswa Baru ITB Ikuti PMB secara Daring )

Selain itu, tahun ini, bidang ilmu Kedokteran Unpad juga meraih peringkat 551-600 dunia dan peringkat 3 nasional versi QS World University Ranking. Sebanyak 14 program studi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad pun telah memperoleh akreditasi internasional dari The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st Century Organization (ABEST-21).

"Saat ini, program double degree bekerja sama dengan program studi perguruan tinggi luar negeri semakin bertambah. Tercatat ada 10 program studi di Unpad yang melakukan kerja sama tersebut," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2150 seconds (0.1#10.140)