Naik dari 24, Kini Unpad Masuk 10 Besar Peringkat Kemahasiswaan

Selasa, 01 September 2020 - 18:48 WIB
loading...
Naik dari 24, Kini Unpad Masuk 10 Besar Peringkat Kemahasiswaan
Universitas Padjadjaran (Unpad) masuk rangking ke-9 pada peringkat kemahasiswaan perguruan tinggi tingkat nasional nonvokasi. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Universitas Padjadjaran (Unpad) masuk rangking ke-9 pada peringkat kemahasiswaan perguruan tinggi tingkat nasional nonvokasi. Pengakuan ini didasarkan pada penilaian oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Dr. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam dalam siaran persnya mengatakan, peringkat kemahasiswaan tahun ini meningkat signifikan dari peringkat tahun sebelumnya, yaitu rangking 23 – 24.

Peringkat ini diperoleh berdasarkan hasil penilaian dokumen yang sudah diunggah pada Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan. “Alhamdulillah ada peningkatan dari tahun kemarin. Ini berkat kerja sama seluruh fakultas, prodi, dan para mahasiswa,” ujar Boy, Selasa (1/9/2020). (Baca juga: Mendikbud Ajak Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri Kembali Bangun Negeri )

Boy menjelaskan, untuk capaian di bidang kemahasiswaan, Unpad memiliki banyak prestasi yang berhasil ditorehkan mahasiswanya. Karena itu, tim Direktorat mengumpulkan data prestasi di setiap BEM, Unit Kegiatan Mahasiswaan, hingga Himpunan Mahasiswa dalam satu tahun terakhir. Lebih dari 1.000 data prestasi berhasil dikumpulkan.

Selain prestasi, penilaian juga dilakukan terhadap data kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, kegiatan berbasis akademik, rekognisi keikutsertaan mahasiswa dalam konferensi nasional maupun internasional. Juga beragam regulasi terkait akademik dan kemahasiswaan oleh universitas. (Baca juga: Siap-siap, Pendaftaran Beasiswa LPDP akan Dibuka Maret 2021 )

Boy menjelaskan, berdasarkan penilaian peringkat kemahasiswaan tersebut, ada beberapa catatan yang mesti ditingkatkan. Catatan tersebut adalah peningkatan partisipasi mahasiswa dalam Program Kreativitas Mahasiswa, peningkatan jumlah buku yang ditulis oleh mahasiswa, peningkatan rekognisi internasional, serta peningkatan kesempatan Unpad sebagai tuan rumah dari berbagai kegiatan berskala nasional.

“Insyaallah kita coba rencanakan di tahun ini. Kita sudah buat roadmap-nya,” kata Boy.

Pemeringkatan bidang kemahasiswaan ini dipandang penting sebagai parameter kreativitas dan prestasi mahasiswa di perguruan tinggi. Boy pun berharap, mahasiswa Unpad dapat terus meningkatkan kreativitas dan prestasi.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3306 seconds (0.1#10.140)