Mahasiswa UI Borong 10 Medali di Kompetisi Nasional MIPA

Selasa, 15 September 2020 - 16:37 WIB
loading...
Mahasiswa UI Borong 10 Medali di Kompetisi Nasional MIPA
Kontingen mahasiswa UI Borong 10 medali dalam ajang Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN-MIPA). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kontingen mahasiswa Universitas Indonesia (UI) meraih empat medali emas, lima medali perak, dan satu medali perunggu dalam ajang Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN-MIPA). Atas prestasi tersebut UI menempati posisi juara umum kedua di ajang bergengsi ini.

Pada kompetisi yang diselenggarakan Kemendikbud, kontingen mahasiswa UI peraih medali emas tersebut adalah Kelvin Tenata (FMIPA UI); Yuwanza Ramadhan (FMIPA UI); Abdullah Muqaddam (Fakultas Kedokteran (FKUI)); dan Maria Celinna (FMIPA UI). Sementara, peraih medali perak adalah Andry Wijaya (FMIPA UI); Juan Daniel (FMIPA UI); Muhammad Fauzan Syahbana (FMIPA UI); Hilya Auliya (FMIPA UI); dan Syailendra Karuna Sugito (FKUI). Untuk medali perunggu diperoleh Michael Lesa (FMIPA UI). (Baca juga: Ini 10 Mahasiswa Terpilih dalam Pilmapres 2020 )

Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Rosari Saleh mengapresiasi capaian kontingen mahasiswa UI di ajang bergengsi nasional. Menurutnya, atas dukungan dan kerja keras seluruh mahasiswa dan dosen pembimbung maka tahun ini ada peningkatan perolehan medali emas.

"Kontingen UI berhasil membawa empat medali emas, berbeda dengan tahun sebelumnya yang meraih tiga medali emas. Diharapkan ajang ini menjadi wadah bagi para mahasiswa UI untuk mengembangkan keilmuannya, serta wawasan di bidang MIPA," katanya melalui siaran pers, Selasa (15/9).

Pada kesempatan terpisah, Wakil Dekan FMIPA UI bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Djoko Triyono menambahkan, tahun ini UI berhasil meraih emas dari semua cabang yang dilombakan, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi dengan masing-masing satu emas. UI juga menjadi perguruan tinggi yang memperoleh medali perak terbanyak. (Baca juga: Peringkat 3, UGM Raih 10 Medali di Kompetisi Nasional MIPA 2020 )

Lebih lanjut, Djoko menjelaskan bahwa persiapan UI dalam menghadapi KN-MIPA tahun 2020 terbilang sangat matang. Persiapan kontingen melalui seleksi internal dilakukan sejak Maret. Seleksi internal ini pun tidak hanya untuk mahasiswa Fakultas MIPA saja, melainkan kami buka untuk fakultas lain. Terbukti ada 116 mahasiswa yang mengikuti seleksi internal. "Ini baik karena akan menghadirkan nuansa kompetisi sejak dini di diri mahasiswa untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya,” ujar Djoko.

KN-MIPA yang sebelumnya adalah Olimpiade Nasional MIPA merupakan kompetisi tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)