Ornamen Header
12.000 Mahasiswa dan Alumni Ikuti Bursa Kerja Virtual FTUI
12.000 Mahasiswa dan Alumni Ikuti Bursa Kerja Virtual FTUI
FTUI menyelenggarakan ajang bursa kerja, magang, dan beasiswa Engineering Career and Internship Fair (ECIF) 2020 secara virtual. Foto/Humas UI
DEPOK - Fakultas Teknik Universitas Indonesia ( FTUI)menyelenggarakan ajang bursa kerja, magang, dan beasiswa “Engineering Career and Internship Fair (ECIF) 2020” secara virtual. Acara yang terselenggara pada 21 – 24 September 2020 itu diikuti sebanyak 12.000 peserta dan didukung oleh 19 perusahaan mitra.

ECIF 2020 merupakan kegiatan career fair virtual pertama yang digelar oleh UI sebagai wadah penawaran pekerjaan, magang, hingga beasiswa bagi mahasiswa tingkat akhir dan lulusan FTUI.

Dekan FTUI, Hendri Budiono mengatakan, di masa pandemi dan resesi ekonomi global ini tentu menjadi tantangan bagi semua pihak, baik perusahaan maupun alumni dalam menghadapi dinamika dunia kerja. (Baca juga: Kemenristek Dorong Penciptaan Teknopreneur di Indonesia)

"Diharapkan dengan penyelenggaraan ECIF ini bisa menjadi jembatan yang baik antara kampus dengan dunia industri. Tidak hanya dalam memberikan informasi dunia kerja tetapi juga dalam penyiapan kualitas sumber daya manusia yang baik secara hard skill dan juga soft skill,” ujar Hendri D.S. Budiono saat membuka acara, Selasa (29/9/2020).



ECIF bertujuan untuk membekali mahasiswa dan alumni di bidang keteknikan dalam mempersiapkan diri memasuki dunia pasca pendidikan. Seperti bekerja/wirausaha/studi lanjut, memberikan informasi beasiswa studi lanjut, internship, dan lowongan pekerjaan dari perusahaan/lembaga kepada mahasiswa dan alumni.

“Serta memberikan kesempatan kepada dunia usaha dan industri untuk memperkenalkan perusahaan/lembaga kepada masyarakat terutama mahasiswa dan alumni FTUI,” ucapnya. (Baca juga: Ini Penjelasan Pakar Kesehatan UI Kenapa COVID-19 Indonesia Belum Terkendali)

Manajer Kemahasiswaan & Alumni FTUI Badrul Munir menambahkan, penyelenggaraan ECIF 2020 tidak hanya menawarkan kesempatan karier kepada peserta. Lebih dari itu, selama acara juga terdapat sesi Talk Show dan Workshop Pengembangan Karier salah satunya adalah Workshop Data Science yang saat ini sedang menjadi kebutuhan seiring dunia kerja yang membutuhkan kompetensi IT/digital.



"Selain itu juga ada Workshop persiapan memasuki dunia pasca pendidikan, informasi beasiswa studi lanjut, sesi pengenalan perusahaan dan informasi lowongan pekerjaan atau internship dari mitra perusahaan,” kata Badrul.

ECIF merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Career Development Center FTUI berkolaborasi dengan BEM FTUI dan juga didukung oleh ILUNI FTUI, di bawah koordinasi Unit Kemahasiswaan dan Alumni FTUI.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!