Temukan Talenta Muda, Ini Beragam Kompetisi yang Digelar Kemendikbud

Selasa, 13 Oktober 2020 - 05:19 WIB
loading...
Temukan Talenta Muda, Ini Beragam Kompetisi yang Digelar Kemendikbud
Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional (Kapuspernas) Kemendikbud Asep Sukmayadi. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Meski di tengah pandemi namun Kemendikbud melalui Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) tetap menyelenggarakan berbagai kompetisi untuk menjaring talenta berprestasi dari seluruh Indonesia.

Plt Kepala Pusprenas Kemendikbud Asep Sukmayadi mengatakan, adanya pembukaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) ini menandai dilaksanakannya berbagai ajang prestasi yang akan digelar Pusprenas untuk bidang sains, teknologi, riset dan inovasi.

Asep menyebutkan, saat ini sudah ada seleksi Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI). Dia menjelaskan, KOPSI ini ini diikuti oleh siswa jenjang SMA dan MA dimana seleksinya diikuti oleh 1.740 karya penelitian dan telah terpilih 300 finalis yang akan diseleksi pada pada puncak KOPSI November nanti. (Baca juga: Jaring Talenta Bidang Sains, Kemendikbud Gelar Kompetisi Sains Nasional 2020 )

Selanjutnya, untuk jenjang perguruan tinggi, kata Asep, ada Kompetisi Nasional MIPA (KN MIPA) yakni kompetisi yang ditujukan untuk mendorong daya saing mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan pada 7-10 September yang diikuti oleh 2.437 mahasiswa.

Lalu ajang Statistika Ria dan Festival Sains Data (Satria Data) yang akan segera dilaksanakan pada 14-17 Oktober. Dia mengatakan, ajang Satria Data ini diselenggarakan bekerja sama dengan IPB University dan akan diikuti oleh 1.684 peserta. (Baca juga: Siapkan Bekal dan Modal, Kemendikbud Dorong Mahasiswa Jadi Wirausahawan Muda )

Asep menerangkan, Pusprenas juga akan mengadakan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2020. KRI akan mempertandingkan lima divisi dan salah satu divisi yang akan dipertandingkan adalah kontes robot dibidang tari.

Selain itu juga ada Kontes Mobil Hemat Energi dan juga Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GemasTIK). "Adapula Pekan Ilmiah mahasiswa atau Pimnas dan sejumlah sains teknologi lainnya yang akan diselenggarakan selama Oktober sampai November 2020," katanya pada pembukaan KSN 2020 melalui streaming Youtube Kemendikbud, Senin (12/10). (Baca juga: Mahasiswa ITS Kembangkan Drone untuk Solusi Keselamatan Kerja )

Tidak hanya dibidang sains, jelas Asep, juga ada festival inovasi dan kewirausahaan siswa Indonesia atau yang lebih disingkat FIKSI untuk jenjang SMA dan MA. Asep melanjutkan, ada pula Lomba Kompetensi Siswa jenjang SMK. Tidak ketinggalan pula digelarnya lomba-lomba debat bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris untuk jenjang SMA.

Asep menuturkan, meski menunggu kondisi stabil karena adanya Pandemi COVID-19 namun pihaknya masih mengagendakan kompetisi olah raga tingkat nasional untuk karate dan pencak silat dan juga Gala Siswa Indonesia untuk cabang olahraga sepakbola jenjang SMP yang akan dilakukan secara terbatas.

"Pandemi COVID-19 telah mendorong diselenggarakannya berbagai ajang prestasi secara virtual secara online," ujarnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1793 seconds (0.1#10.140)