Ornamen Header
DPR Dorong Pengembangan Pendidikan Indonesia Timur
DPR Dorong Pengembangan Pendidikan Indonesia Timur
Sejumlah siswa mengikuti proses belajar-mengajar dengan daring atau jarak jauh di Papua. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR Ali Taher meminta agar pengembangan pendidikan Indonesia bagian timur lebih mendapat perhatian. Menurutnya, hal ini penting dilakukan karena wilayah tersebut merupakan daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

Untuk itu, Ali mendorong agar Pemerintah membangun kawasan timur melalui pendidikan, karena dengan pendidikan dapat meningkatkan SDM Indonesia di wilayah timur.

“Salah satunya adalah langkah dengan mendirikan dan menegerikan madrasah aliyah yang berada di Lamakera dan Nusa Tenggara Timur (NTT) pada umumnya, merupakan ikhtiar untuk menggeser air mata dan derita kemiskinan menjadi sebuah senyuman kebahagiaan. Upaya inilah yang saya lakukan untuk kesetaraan status sosial sesama anak bangsa,” kata Ali kepada wartawan, Selasa (27/10/2020). (Baca juga: Pemerintah Alokasikan Rp2,3 T untuk Operasional Madrasah dan Pesantren)

Menurut politikus PAN ini, dengan adanya pendidikan, SDM Indonesia bagian timur dapat setara dengan wilayah yang lainnya. Ia pun berharap langkah tersebut dapat terlaksanana dengan sebaik-baiknya, sehingga masyarakat di bagian timur juga dapat bersaing dengan setara.



"Dengan pendidikan, SDM di wilayah tersebut dapat bersaing bahkan setara dengan daerah lainnya. Tentunya saya berharap langkah ini dapat terlaksana dengan baik dan benar. Saya juga dapat sampaikan ide ini merupakan sebuah terobosan pembelajaran bagi masyarakat yang ada,” harap Ali. (Baca juga: Ketua FRI: Indonesia Perlu Investasi Satelit Pendidikan untuk Mendukung PJJ)

Terlebih, legislator Dapil Banten III ini menambahkan, saat ini banyak tokoh nasional yang mendukung wilayah Lamakera, NTT sebagai episentrum pendidikan dan peradaban Islam. Langkah itu dilakukan guna membangun kepercayaan diri untuk masyarakat NTT, sehingga menjadi kekuatan dalam setiap gerak perubahan melalui bukti peradaban.

“Saya tetap peduli dengan memberikan kontribusi besar bagian kemajuan daerah yang berada di NTT salah satunya ialah Lamakera yang pada umumnya merupakan tempat kelahiran saya,” pungkasnya.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!