Ornamen Header
86 Mahasiswa UMM Ikuti Program Transfer Kredit di Asia University-Taiwan
86 Mahasiswa UMM Ikuti Program Transfer Kredit di Asia University-Taiwan
86 orang mahasiswa Fakultas Psikologi UMM mengikuti program transfer kredit internasional di Asia UniversityTaiwan. Foto/Dok/Humas UMM
JAKARTA - Sebanyak 86 orang mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengikuti program transfer kredit internasional di Asia University – Taiwan. Mereka merupakan mahasiswa semester tiga dan lima yang mengambil mata kuliah Positive Psychology dan Interpersonal Relationship di kampus tersebut.

Dekan Fakultas Psikologi UMM, M. Salis Yuniardi, mengungkapkan bahwa program ini merupakan bentuk implementasi kerja sama yang telah dijalin sejak pertengahan 2019 oleh kedua institusi. Selain transfer kredit, Fakultas Psikologi UMM dan Asia University juga memiliki program kerja sama dalam hal short course, kuliah tamu, pertukaran dosen, dan konferensi. (Baca juga: Mahasiswa FTUI Raih Juara Tiga Dunia di Kompetisi Metal Cup 2020)

"Sebenarnya pada Juli kemarin ada program short course bagi mahasiswa dari Asia University, dan kita sebagai host-nya sudah menyiapkan dengan matang. Namun karena pandemi akhirnya keberangkatan mahasiswa dari Taiwan ditunda dan akan tetap dijadwalkan jika situasi telah kondusif,” kata M. Salis Yuniardi dalam keterangan elektronik yang diterima SINDOnews, Rabu (28/10/2020).

Salis menambahkan bahwa program yang saat ini sedang berlangsung akan menegaskan jalan Fakultas Psikologi UMM menuju rekognisi internasional. Apalagi, Fakultas Psikologi UMM telah mengajukan akreditasi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA), serta pada tahun ini juga secara resmi telah membuka program kelas Internasional di tahun akademik 2020/2021.



Selain itu, Salis juga menjabarkan bahwa program transfer kredit ini merupakan bentuk nyata Fakultas Psikologi UMM dalam melaksanakan aktivitas Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan pemerintah, di mana mahasiswa harus menempuh 40 SKS proses pembelajaran di luar kampus sendiri. (Baca juga: Dukung Iklim Ilmiah di Kampus, UMY Gelar Konferensi Skripsi Nasional Virtual)

Mahasiswa Fakultas Psikologi UMM mengaku sangat antusias setelah dua minggu mengikuti program transfer kredit internasional ini secara daring. Dalam keterangannya, Yundita Putri mengaku sangat senang bisa diberi kesempatan tersebut.

“Sangat excited. Karena, kan, ini pengalaman baru dan pengalaman yang luar biasa bisa dikasih kesempatan ikut program transfer kredit. Terus juga dapat pengalaman model kuliah online yang lain dan relasi yang lebih luas. Program seperti ini bisa menambah keberanian mahasiswa dalam mengemukakan pendapat. Terus juga kemarin dapat ilmu baru tentang perbedaan cara berkenalan kultur budaya di sini sama kultur budaya di sana,” ujarnya. (Baca juga: Rektor IPB:Ketahanan Keluarga Faktor Penting Hadapi Pandemi Covid-19)



Prof. Ting Ying, salah satu dosen pengajar dari Asia University, mengungkapkan bahwa mahasiswa Fakultas Psikologi UMM menunjukkan rasa ingin tahu dan antusiasme yang besar. Untuk itu, Ia juga merasa perlu menyiapkan perkuliahan yang lebih menyenangkan dan terstruktur.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!