Ornamen Header
Rektor UGM Harap Peringkat THE UGM akan Terus Menanjak
Rektor UGM Harap Peringkat THE UGM akan Terus Menanjak
Gedung Pusat UGM. Foto/Dok/Humas UGM
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk pada delapan besar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia versi Times Higher Education (THE) World University Rangkings tahun 2021.

Rektor UGM Panut Mulyono mengatakan, UGM akan selalu memperbaiki diri di segala bidang. Hal ini dilakukan, katanya, agar kampus yang berdomisili di Yogyakarta ini dapat lebih berkontribusi bagi bangsa. Selain itu juga, lanjutnya, agar UGM dapat meningkatkan reputasi bergengsi ditingkat global. (Baca juga: Ini 8 Universitas Terbaik Indonesia Versi THE World University Rankings 2021)

"Semoga ke depan ranking UGM di THE World University Ranking makin meningkat,” katanya menanggapi capaian UGM di Times Higher Education (THE) World University Rangkings tahun 2021 ketika dihubungi SINDOnews, Jumat (30/10).

Diketahui, sebanyak 1.500 Perguruan Tinggi di 93 negara di dunia yang masuk ke dalam Pemeringkatan THE WUR 2021. Lembaga pemeringkatan THE secara konsisten menitikberatkan indikator penilaian berdasarkan Performa Pengajaran (kegiatan belajar mengajar); Penelitian; Transfer dan Sharing Keilmuan serta Cakupan Internasional sebuah universitas.



Guru besar Fakultas Tehnik UGM ini menuturkan, dari indikator penilaian THE tersebut penilaian tertinggi yang diraih kampus berkelas dunia ini adalah di sektor industri. Dengan skor yang dicapai ialah 56,7. “Namun skor ini belum yang terbaik di Indonesia,” terang Panut yang terpilih sebagai rektor pada 2017 ini. (Baca juga: Dirjen Dikti Apresiasi 8 PTN Masuk THE World University Rangking 2021)

Lebih lanjut, Panut menerangkan bahwa pada THE University Impact Ranking yang diumumkan April lalu UGM menduduki ranking 72 dunia dengan tujuh tujuan SDGs berada di ranking lebih baik dari 50. Yaitu tujuan SDGs nomor dua Zero Hunger berada di peringkat 16 dunia. Tujuan nomor 17 Partnerships For The Goals ada di peringkat 24 dunia. Tujuan SDGs pertama yakni No Poverty ada di peringkat 25 dunia.

Selanjutnya, tujuan SDGs kelima belas Life on Land berada peringkat 26 dunia. Lalu tujuan SDGs keenam yakni Clean Water and Sanitation ada di peringkat 34 dunia, tujuan SDGs kedelapan Decent Work and Economic Growth masuk peringkat 41 dunia dan tujuan SDGs kesepuluh Reduced Inequalitas berada di peringkat 49 dunia.



Sebelumnya, Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Nizam mengapresiasi capaian delapan perguruan tinggi negeri (PTN) yang dinobatkan sebagai PTN terbaik berdasarkan pemeringkatan Times Higher Education (THE) World University Rangkings tahun 2021. (Baca juga: Inspiratif, Mahasiswa UGM Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2020)

Kedelapan PTN Indonesia terbaik di dunia 2021 berdasarkan THE World University Rangkings yakni, Universitas Indonesia (UI) peringkat 801-1.000, Institut Teknologi Bandung (ITB) peringkat 1.000+, Universitas Brawijaya (UB) peringkat 1.000+, Universitas Diponegoro (Undip) peringkat 1.000+, Universitas Gajah Mada (UGM) peringkat 1.000+, Institut Pertanian Bogor (IPB) peringkat 1.000+, Universitas Padjajaran (Unpad) peringkat 1.000+, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) peringkat 1.000+.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!