Dirjen Dikti Apresiasi 8 PTN Masuk THE World University Rangking 2021

Jum'at, 30 Oktober 2020 - 11:16 WIB
loading...
A A A
5. Universitas Gajah Mada (UGM) peringkat 1.000+

6. Institut Pertanian Bogor (IPB) peringkat 1.000+

7. Universitas Padjajaran (Unpad) peringkat 1.000+

8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) peringkat 1.000+

Guru besar Departemen Tehnik Sipil Universitas Gadjah Mada ini menjelaskan, Kemendikbud melalui Ditjen Dikti terus mendorong dan memfasilitasi peningkatan mutu dan relevansi pendidikan tinggi di tanah air. “Agar perguruan tinggi kita bisa semakin menghasilkan lulusan-lulusan yang unggul,” ucap Nizam. (Baca juga: Ini Bentuk Apresiasi KBRI Kairo pada 170 Lulusan Terbaik Al Azhar )

Mantan Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud ini mengungkapkan, perguruan tinggi dewasa inipun sudah bisa menghasilkan penelitian-penelitian dan pengabdian yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa. Bahkan, katanya, produktivitas penelitian perguruan tinggi di Indonesia terus meningkat.

“Saat ini publikasi yang dihasilkan para dosen dan mahasiswa dari perguruan tinggi Indonesia sudahh yang tertinggi di Asean,” ujar Nizam.

Terkait dengan capaian perguruan tinggi, Nizam sebelumnya mengungkapkan bahkan di masa pandemi yang penuh keterbatasan ini ada lebih dari 1.000 inovasi yang datang dari berbagai perguruan tinggi dalam upayanya untuk menangani Covid-19.

Misalnya ventilator yang saat ini sudah banyak dipakai di rumah sakit hingga robot pintar untuk membantu tenaga medis dalam memberi perawatan kepada pasien Covid-19.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)