Tel-U Masuk Universitas Swasta Terbaik di Indonesia versi THE

Selasa, 03 November 2020 - 13:33 WIB
loading...
Tel-U Masuk Universitas Swasta Terbaik di Indonesia versi THE
Kampus Telkom University (Tel-U). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Telkom University (Tel-U) sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia kembali meraih pemeringkatan gemilang. Kali ini, melalui laman Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR), Telkom University berada dalam jajaran universitas terbaik dunia dan masuk ke dalam 9 perguruan tinggi terbaik di Indonesia bersanding dengan 8 Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

THE World University Rankings merupakan Lembaga pemeringkatan yang telah diakui global dan salah satu penyedia peringkat teratas untuk penilaian kualitas institusi di seluruh dunia, Pada THE World University Rankings 2021 kali ini, sebanyak 1.500 universitas dari 93 negara dan wilayah masuk dalam pemeringkatan sehingga menjadikan THE sebagai pemeringkatan universitas terbesar dan paling beragam hingga saat ini. (Baca juga: Ini 9 Universitas Terbaik Indonesia versi THE World University Rankings 2021 )

Dalam pemeringkatan berdasarkan subject atau bidang keilmuan tertentu, Telkom University berhasil menempati posisi lima besar untuk subject Computer Science dan berada pada peringkat 601-800 dunia. Beberapa perguruan tinggi yang berhasil masuk ke dalam Pemeringkatan dunia untuk subject Computer Science di antaranya adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Telkom University, dan Universitas Brawijaya. Ini menjadikan Telkom University sebagai universitas swasta terbaik dalam bidang Computer Science di Indonesia.

Selain itu, Telkom University juga berhasil masuk ke dalam posisi delapan besar Indonesia pada subject engineering. Beberapa perguruan tinggi yang berhasil masuk ke dalam Pemeringkatan dunia untuk subject engineering di antaranya adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Telkom University, Universitas Dipenogoro, dan Universitas Brawijaya. Lagi-lagi ini menunjukkan bahwa Telkom University sebagai universitas swasta terbaik untuk bidang engineering di Indonesia.

Menurut THE Word University Rankings, subject computer science tahun ini mencakup 827 universitas dari seluruh dunia, sedangkan pada subject engineering komponen penilaian menyoroti universitas dalam disiplin ilmu, teknik umum, teknik listrik dan elektronik, teknik mesin dan ruang angkasa, teknik sipil dan teknik kimia, dimana pada tahun ini mencakup 1.098 universitas dari seluruh dunia. (Baca juga: Ini 10 Universitas yang Alumninya Paling Banyak Lulus CPNS 2019 )

Berdasarkan skor penilaian, Telkom University berhasil meraih skor tertinggi pada indikator kutipan (Citations) dan menempatkan Tel-U menjadi Perguruan Tinggi Indonesia terbaik versi Times Higher Education Kategori Skor citations di Indonesia.

THE World University Rankings sendiri rutin merilis peringkat Universitas terbaik di dunia dengan 5 indikator penilaian seperti pengajaran (teaching), penelitian (research), penyaluran pengetahuan (knowledge transfer), Kutipan (Citations) hingga pandangan internasional (international outlook) dan lain-lain.

Secara keseluruhan dalam pemeringkatan THE World University Rankings kali ini, Telkom University masuk ke dalam Sembilan perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi THE World University Rankings, dan tetap menyandang predikat PTS no.1 di Indonesia. (Baca juga: Sisihkan 68 Tim, ITB Sabet Juara I Geoteknik Tingkat Nasional 2020 )

Rektor Telkom University Prof. Dr. Adiwijaya mengucapkan selamat atas capaian yang diraih Telkom University, menurutnya ini merupakan hasil kerja keras dan kerja cerdas dari sivitas akademika Telkom University serta kontribusi dari para alumni dan seluruh stakeholders.

“Prestasi ini merupakan amanah bagi kita (Tel-U) untuk terus memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia, kami berharap capaian ini dapat bermanfaat tidak hanya untuk civitas akademika tetapi juga menjadi penyemangat untuk kita semua dalam memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat dan bangsa Indonesia.” Jelasnya.

Tidak sampai disitu, Rektor Telkom University menyampaikan bahwa, yang Telkom University lakukan saat ini adalah, bentuk komitmen Tel-U untuk terus memberikan yang terbaik dalam dunia pendidikan baik di Indonesia maupun di dunia.

“Dalam level nasional, kami (Tel-U) sudah melaksanakan Digital Talent Scholarship (DTS) kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Digital Talent Incubator (DTI) kerjasama dengan PT Telkom. Lebih jauh level internasional, kami mengelola Telecom Infra Project (TIP) Laboratory kerjasama dengan Global System for Mobile Communications Association (GSMA), sekaligus menjadi TIP Labs yang pertama di Asia tenggara. Semoga segala capaian menjadi salah satu wujud kontribusi Telkom University untuk Indonesia.” Tegasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1367 seconds (0.1#10.140)