Universitas Ciputra Dorong Generasi Muda Berinovasi Bangkitkan UMKM

Selasa, 03 November 2020 - 18:47 WIB
loading...
Universitas Ciputra Dorong Generasi Muda Berinovasi Bangkitkan UMKM
Universitas Ciputra bekerja sama dengan RMI mengadakan Seminar Nasional secara virtual dengan tema Pemuda, UMKM dan Undang-Undang Cipta Kerja. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Universitas Ciputra bekerja sama dengan Rumah Milenial Indonesia (RMI) mengadakan Seminar Nasional secara virtual dengan tema "Pemuda, UMKM dan Undang-Undang Cipta Kerja ".

Kegiatan yang dimoderatori oleh Koordinator Pengembangan UMKM RMI Yanuserius Zega ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda. Seminar ini membahas bagaimana kondisi perekonomian dan UMKM di masa Pandemi Covid-19 dan kaitannya dengan UU Cipta Kerja yang baru disahkan. (Baca juga: Ini 10 Universitas yang Alumninya Paling Banyak Lulus CPNS 2019 )

Wakil Rektor Universitas Ciputra Bidang Pengembangan SDM Viktor Effendi menyampaikan, dengan semangat yang pernah dilakukan oleh pemuda Indonesia 92 tahun yang lalu, pemuda Indonesia saat ini dengan antusias juga harus mendorong inovasi. Menurut Viktor, para pengusaha, para entrepreneur, serta para pekerja dengan adanya Undang-Undang Cipta Kerja ini diharapkan dapat saling bekerja sama untuk keadilan dan kehidupan yang lebih baik.

"Sekarang zamannya inovasi, zamannya suatu negara berlomba-lomba menciptakan inovasi. Jangan sampai negara kita tertinggal hanya karena masih mengurus hal-hal yang tidak perlu kita urus dan perdebatkan. Mari kita bersama-sama dengan semangat sebagai satu bangsa, satu tanah air, dan satu bahasa, kita bersama-sama mendorong inovasi. Kita melihat terus harapan dan peluang serta berjuang menghadapi tantangan ke depan," ujarnya.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah yang diwakili oleh Staf Ahli Hubungan Antar Lembaga Kementerian UMKM, Luhur Pradjarto dalam paparan materinya menjelaskan manfaat Undang-Undang Cipta Kerja terhadap UMKM. Beberapa manfaatnya antara lain, mendorong penciptaan lapangan kerja dan memudahkan pembukaan usaha baru. (Baca juga: Diteken Jokowi, Pengusaha Sebut Iklim Usaha Makin Kondusif )

Selain itu, manfaat lainnya adalah mendorong upaya pemerintah dalam pemberantasan korupsi dengan menyederhanakan, memotong, dan mengintegrasikan ke dalam sistem perizinan secara elektronik sehingga pungutan liar dapat dihilangkan, serta bagian dari upaya pemulihan ekonomi nasional, khususnya dalam mendorong terciptanya transformasi ekonomi.

Luhur Pradjarto kemudian menjelaskan tentang program pengembangan UMKM yang menjadi prioritas pemerintah dan bagaimana agar para pemuda dapat mengakses program-program bantuan UMKM yang dicanangkan oleh pemerintah.

"Manfaatkanlah masa mudamu sebelum datang masa tua. Kembangkan kreativitas, inovasi untuk memberikan sumbangan terhadap negeri ini. Jangan hanya berharap untuk bekerja tapi ciptakanlah pekerjaan untuk menumbuhkembangkan perekonomian Indonesia dalam rangka mewujudkan Indonesia maju," pungkas Luhur mengakhiri paparannya.

Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Noer Fajrieansyah menyampaikan bahwa pemuda mempunyai peranan penting dalam membangun Indonesia dengan melakukan inovasi dan terobosan.

"Sekarang kita tidak boleh hanya berinvestasi pada barang atau bentuk, tapi berinvestasi pada manusia. Dengan Undang-Undang Cipta Kerja, Indonesia sedang mempersiapkan strategi untuk menyongsong bonus demografi yaitu berinvestasi pada sumber daya manusia," kata Noer yang akrab disapa dengan panggilan Fajri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2889 seconds (0.1#10.140)