STP Trisakti Bantu Kembangkan Desa Cibulao Jadi Destinasi Wisata Kopi

Senin, 09 November 2020 - 16:23 WIB
loading...
STP Trisakti Bantu Kembangkan Desa Cibulao Jadi Destinasi Wisata Kopi
STP Trisakti melalui TDC membantu membangun Desa Cibulao, Bogor, Jawa Barat, dengan mengusung konsep Cibulao Kopi Tour. Foto/Dok/Humas Trisakti
A A A
JAKARTA - STP Trisakti melalui Trisakti Destination Club (TDC) membantu membangun Desa Cibulao, Bogor, Jawa Barat, dengan mengusung konsep Cibulao Kopi Tour. Dengan memakai kompetisi hibah desa STP Trisakti ingin berkontribusi membangun desa .

Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti Fetty Asmaniati, kegiatan membangun desa oleh STP Trisakti ini karena kampusnya lolos program dana hibah Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Kemendikbud .

Dia menjelaskan, kegiatan ini dilakukan mahasiswa selama 6 bulan, dengan konsep metode kombinasi. Setiap mahasiswa yang mengikuti program ini akan diberikan konversi nilai sesuai dengan konsep pendidikan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka. (Baca juga: Tercepat dalam Lintasan, Tim ITS Juarai Kontes Kapal Cepat Tak Berawak )

“Karena adanya masa pandemic Covid 19, maka mahasiswa dituntut untuk kreatif dan tetap aktif. Tim TDC membuat penyuluhan secara online, kemudian pelaksanaan kegiatan secara langsung membangun fasilitas wisata. Kampung Cibulao memiliki hasil kopi Robusta dan Arabika, kopi tersebut nikmat disajikan untuk para pecinta kopi,” katanya melalui siaran pers, Senin (9/11).

Dia menjelaskan, dengan mengusung konsep Cibulao Kopi Tour, 14 mahasiswa yang ikut kegiatan ini mengajak masyarakat Desa Cibulao termotivasi mengembangkan potensi desanya. Tim TDC melakukan kegiatan membangun jalan, jembatan, spot selfie pemandangan alam, sarana cuci tangan, menyediakan alat pendekteksi suhu tubuh, dan membuat papan informasi jalan, serta papan kreatif. (Baca juga: UB Ajukan 132 Paten Inovasi selama Covid-19, HKI Berikan Apresiasi )

Selain itu, jelasnya, pada papan kreatif, mahasiswa STP Trisakti mengajak masyarakat dan pengunjung untuk lebih mencintai alam, menjaga alam, dan promosi Kopi Cibulao. Dia menerangkan, program ini dilakukan untuk masyarakat Desa Cibulao dan selanjutnya dikelola oleh masyarakat.

“Masyarakat Cibulao mayoritas petani kopi, karena lokasi tempat tinggalnya berdekatan dengan kebun kopi,” ungkapnya.

Fetty menuturkan, program ini bermaksud untuk menjadikan Cibulao wisata baru di Bogor. Cibulao Kopi Tour merupakan wisata edukasi tentang kopi Cibulao.

Dengan ke lokasi ini, ujarnya, pengunjung akan bisa melihat, mengenal, dan merasakan kopi Cibulao. Mulai dari pertumbuhan pohon kopi, cara roasting, hingga kopi dapat diminum. “Semoga kegiatan ini dapat menjadi kontribusi dalam membangun desa,” imbuhnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2155 seconds (0.1#10.140)