UI Peringkat Pertama PT Inovatif Kategori Manajemen Inovasi

Selasa, 10 November 2020 - 22:33 WIB
loading...
UI Peringkat Pertama PT Inovatif Kategori Manajemen Inovasi
Suasana Kampus Universitas Indonesia. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) meraih penghargaan peringkat pertama di Indonesia sebagai Perguruan Tinggi Inovatif dalam Manajemen Inovasi. Penghargaan ini diberikan pada Inovasi Indonesia Expo (I2E) 2020 yang diselenggarakan Kemenristek/BRIN.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro kepada Rektor UI Prof Ari Kuncoro pada pelaksanaan I2E 2020, di Auditorium Gedung B.J Habibie, Jakarta Pusat, Selasa (10/11). (Baca juga: Dibuka Jokowi, I2E Pamerkan Produk Unggulan Inovasi Perguruan Tinggi )

Rektor UI Prof. Ari menyampaikan terima kasih atas perhargaan yang diberikan bagi UI. Ini menjadi penyemangat sivitas akademika UI, para inovator, periset dan akademisi UI untuk semakin bekerja keras berkarya dan berinovasi demi kemajuan dan kemandirian bangsa.

Menurutnya, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, UI berkomitmen memperkuat inovasi dan competitiveness atau daya saing melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Manajemen Inovasi di UI memiliki kekhasan pada proses bisnis. Riset dan kajian yang UI lakukan merujuk pada permasalahan yang ada di masyarakat (market pull), didukung oleh sumber daya manusia, anggaran dan infrastruktur, dan berada dalam jejaring nasional dan internasional yang sangat kuat,” katanya melalui siaran pers, Selasa (10/11). (Baca juga: Kemenristek Dorong Kolaborasi Triple Helix untuk Perkuat Inovasi )

Dia mengungkapkan, capaian inovasi UI di antaranya kekayaan intelektual (KI) UI adalah yang tertinggi di Indonesia, yaitu sebanyak 2.542 hak cipta dan paten pada tahun 2015-2019. Pada November 2020, angka ini diprediksi akan tembus mencapai 3.000 KI.

“UI juga turut memajukan industrialisasi nasional, memajukan pertumbuhan industri baru, kecil dan berbasis teknologi, melahirkan banyak startup, terjun langsung memanfaatkan produk inovasi ke masyarakat dari Sabang sampai Merauke, serta menyumbang pemikiran melalui rekomendasi kebijakan atau policy brief bagi pemerintah,” ujarnya.

Pada acara tersebut, dilakukan pemutaran video sebagai tribute kepada almarhum Ir. Hadi Tresno Wibowo, dosen di Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik UI, atas dedikasinya sebagai tokoh inovator Indonesia lewat buah pemikiran almarhum menciptakan kapal pelat datar menggunakan baja. Penemuan tersebut telah disahkan pula oleh Presiden Jokowi untuk dapat dipakai para nelayan di Indonesia. (Baca juga: Momentum Hari Pahlawan, Ini Pesan Rektor UI untuk Mahasiswa )

Inovasi Indonesia Expo 2020 juga menampilkan berbagai produk inovasi dari berbagai Lembaga Penelitian, Pengembangan, Pengkajian, dan Penerapan (Litbangjirap).

Sejumlah produk/karya inovatif karya Sivitas akademika UI juga turut berpartisipasi dalam ajang pameran tersebut, diantaranya Kapal Pelat Datar; COVENT-20; Flocked Swab HS-19; APD Respirator; Sterilisator Pernafasan; DM Edu Corner; Portable sampling device; Penggunaan sel punca mesenkimal asal tali pusat sebagai terapi pasien COVID-19.

Selain itu juga ditampilkan, Alat Bantu Penyedia Udara Bersih untuk Tenaga Kesehatan NSN20. Demikian pula, pada pameran Artificial Intelligence Summit (AIS) 2020 di ajang Inovasi Indonesia Expo 2020, diantaranya Aplikasi penerjemah Gerakan Bahasa Isyarat ke Teks Bahasa Indonesia; Sharikuy Chatbot edukatif untuk perkenalkan produk keuangan syariah; Telemedicine; BudayaKB; Multilabel Hate Speech and Abusive Language Detection in Indonesia Twitter.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3253 seconds (0.1#10.140)