ITB, UGM dan IPB Perguruan Tinggi Terinovatif 2020 Versi Kemristek/BRIN

Rabu, 11 November 2020 - 11:59 WIB
loading...
ITB, UGM dan IPB Perguruan Tinggi Terinovatif 2020 Versi Kemristek/BRIN
Menristek/Kepala BRIN Bambang PS Brodjonegoro pada acara Inovasi Indonesia Expo (I2E) 2020 di Auditorium Gedung B.J Habibie, Jakarta, Selasa (10/11). Foto/Dok/Humas
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan IPB University berhasil meraih Anugerah Perguruan Tinggi Terinovatif dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemristek/BRIN) 2020.

Pengumuman Anugerah ini dilangsungkan bertepatan dengan Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-25 dan Inovasi Indonesia Expo 2020 pada 10 November 2020. (Baca juga: UI Peringkat Pertama PT Inovatif Kategori Manajemen Inovasi )

Dari IPB University hadir untuk menerima penghargaan ini, Wakil Rektor Bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan/Kepala Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi, Prof Dr Erika B Laconi.

Pada saat bersamaan, Guru Besar IPB University bidang iklim, kehutanan, adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, Prof Dr Daniel Murdiyarso mendapatkan Penghargaan Habibie Prize 2020 Bidang Rekayasa. Prof Daniel adalah dosen IPB University di Departemen Geofisika dan Meteorologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (GFM-FMIPA).

Atas capaian ini Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria mengungkapkan rasa syukurnya sekaligus menyampaikan apresiasi kepada segenap sivitas akademika atas kerja kerasnya dalam menghidupkan atmosfer inovasi di kampus IPB University. "Prestasi ini merupakan hasil kerja keras seluruh sivitas akademika. Pencapaian ini kian menguatkan posisi IPB University sebagai kampus dengan tagline Innovation with Integrity," ungkap Rektor. (Baca juga: Tel-U Peringkat 2 Perguruan Tinggi Kategori Manajemen Inovasi )

Presiden Joko Widodo berkesempatan memberi sambutan dalam acara ini. "Diharapkan inovasi-inovasi dari anak bangsa dapat terus bertambah dan dapat dimanfaatkan baik secara nasional, regional dan internasional, " ujarnya.

Acara ini dihadiri oleh enam Menteri Kabinet Indonesia Maju, gubernur, akademisi, peneliti, mitra industri dan pemerintah daerah baik secara online maupun offline. Undangan yang hadir secara offline diberlakukan protokol COVID-19 secara ketat. Lebih dari 300 peserta dari seluruh Indonesia mengikuti acara ini secara daring.

Penganugerahan Perguruan Tinggi Inovatif diberikan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Prof Dr Bambang PS Brodjonegoro. Anugerah ini diberikan dengan tujuan untuk mengapresiasi prestasi perguruan tinggi dalam membangun sistem inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi dalam menghasilkan produk inovasi yang memberikan solusi bagi permasalahan bangsa dan menjadi terobosan dalam penguatan ekonomi dan daya saing nasional. (Baca juga: Wakili Asia, Itenas Bandung Juara 3 ChemCar Competition 2020 Jerman )

Asisten Bidang Pengelolaan dan Komersialisasi Inovasi, LKST IPB University yang berkesempatan mengikuti acara ini menambahkan informasi bahwa bersamaan dengan acara ini juga digelar Pembukaan Artificial Intelligence Summit.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)