Belasan Ribu Mahasiswa Ikuti Kompetisi Sains yang Digagas UI-Pertamina

Kamis, 12 November 2020 - 23:07 WIB
loading...
Belasan Ribu Mahasiswa Ikuti Kompetisi Sains yang Digagas UI-Pertamina
Babak pertama KSB 2020 kategori teori sains berupa seleksi provinsi. Salah satunya dilakukan di Gedung FMIPA UI Depok. Foto/Dok/Humas UI
A A A
DEPOK - Sebanyak 12.747 mahasiswa dari 76 Perguruan Tinggi se-Indonesia mengikuti Kompetisi Sobat Bumi (KSB) 2020 yang diselenggarakan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) dan PT Pertamina. Bidang yang dilombakan adalah kategori Teori Sains yang meliputi Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan Abdul Haris mengatakan, Kolaborasi UI dengan Pertamina menunjukkan peran aktif kampusnya membangun iklim sinergi antara akademisi dengan industri dalam rangka menyediakan wadah mahasiswa untuk mencetak prestasi. Kegiatan ini didukung penuh sebagai upaya memaksimalkan potensi dan prestasi generasi muda di seluruh daerah di Indonesia. (Baca juga: Mahasiswa FTUI Juara 1 dan 2 Lomba Desain Inovasi Kapal Kesehatan )

"Ke depannya kita perlu memaknai Teori Sains ini secara global dengan melibatkan social science, bukan hanya terfokus pada sisi hard science saja, karena pada era disrupsi ini kita perlu meningkatkan kolaborasi antar disiplin ilmu," kata Haris melalui siaran pers yang diterima SINDOnews, Kamis (12/11/2020).

Sementara itu, Manager Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Persero Dian Hapsari menyampaikan, Pertamina mendapatkan penugasan dari Kementerian BUMN untuk terus berkomitmen dalam memprioritaskan keseimbangan dan kelestarian alam, lingkungan dan masyarakat. Salah satunya, melalui program Pertamina Cerdas yang terwujud dalam Kompetisi Sobat Bumi 2020. "Melalui KSB 2020 kami ingin mendukung program pemerintah untuk mencetak generasi unggul," ungkap Dian.

KSB Kategori Teori Sains merupakan ajang kompetisi sains nasional yang diperuntukkan bagi mahasiswa perguruan tinggi negeri atau swasta di seluruh Indonesia. Seleksi dimulai di tingkat provinsi dan berlangsung secara daring selama dua hari hingga 12 November 2020. (Baca juga: Dapat Penghargaan Manajemen Inovasi Terbaik, Ini Gebrakan ITS )

Pada babak penyisihan, sebanyak 40 peserta terbaik akan terpilih untuk mewakili 10 zona dari keempat bidang kompetisi. Selain itu, akan diikutsertakan juga tujuh peserta dengan nilai tertinggi dari masing-masing bidang.

Para peserta tersebut akan diikutsertakan ke tahap berikutnya, yaitu seleksi tingkat nasional. Para peserta di setiap bidang yang memperoleh nilai tertinggi pada provinsi masing-masing akan mendapatkan penghargaan sebagai juara provinsi.

KSB 2020 sendiri merupakan ajang kompetisi ilmiah yang bertujuan untuk memfasilitasi generasi muda khususnya mahasiswa Indonesia dalam mengeksplorasi daya pikir atau logikanya dalam menampilkan inovasi sebagai solusi pemecahan masalah.

Inovasi dan solusi ini tidak saja dalam lingkup kebutuhan korporasi dan bangsa, namun juga dalam tataran globalisasi, khususnya di masa pandemi Covid-19.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)